Pejabat Bali Studi Banding di SDN 35 Pao-Pao

Senin, 8 April 2013, peserta Diklatpim IV angkatan ke 49 dari kabupaten Badung provinsi Bali melaksanakan Observasi Lapangan di Kabupaten Maros. Observasi lapangan kali ini difokuskan di kecamatan Mandai. Pejabat pemerintah daerah yang berjumlah 40 orang berkunjung untuk melihat sistem pemerintahan di Kantor Kecamatan Turikale. Untuk bidang kesehatan, Puskesmas Mandai menjadi objek kunjungan, sementara SD Negeri 35 Pao-pao menjadi sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah percontohan untuk bidang pendidikan.

Rombongan diterima oleh Bupati Maros yang diwakili Asisten I di Aula Kantor Bupati Maros, yang selanjutnya memulai kunjungan di kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mandai dan SDN 35 Pao-pao yang terletak di jalan Poros Asrama Haji Dusun Tamarunang Kecamatan Mandai Kabupaten Maros.

Untuk bidang pendidikan, SDN 35 Pao-pao menjadi salah satu sekolah percontohan di Kab. Maros dan merupakan satu-satunya sekolah yang mendapat program pendampingan sekolah dari Dompet Dhuafa bekerjasama dengan PT. Trakindo Utama.

“Salah satu aplikasi dari program Pendampingan adalah adanya Ceruk Ilmu dimana masing-masing kelas memiliki Lemari Ceruk Ilmu atau perpustakaan pojok yang berisi buku-buku pengetahuan umum, buku cerita, dongeng dan berbagai buku ensiklopedia yang disesuaikan dengan umur siswa dalam kelas” demikian disampaikan Dra. Hj. Rukiyah, Kepala SDN 35 Pao-pao saat memberikan sambutan.

SDN 35 Pao-pao juga mempunyai kegiatan membaca yang rutin dilakukan selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Siswa juga dibekali jurnal ceruk ilmu, dimana siswa akan menuliskan judul buku yang telah mereka baca setiap harinya. “Selain keterampilan membaca, siswa juga dibekali kemampuan berbicara disamping kemampuan menulis”, lanjutnya.

Setelah puas berkeliling kelas yang telah dipenuhi dengan display kelas atau panjangan hasil karya siswa di kelas, rombongan kemudian meninggalkan sekolah untuk kembali mempersiapkan laporan hasil observasi lapangan yang akan diseminarkan bersama. Darma Mahardika – Pendamping Sekolah Makmal Pendidikan untuk SDN 35 Pao-pao.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.