Muridku Rajin Membaca

Oleh: Ashari

Guru Sekolah Cerdas Literasi SDN 05 Saparan

SDN 05 Saparan adalah sekolah inti dari Gugus II Aliayang Kecamatan Jagoi Babang. Meski SD Inti dari beberapa SD Inbas. SDN 05 Sapran tenaga pendidiknya masih belum diperhatikan oleh pemerintah. Padahal SDN 05 Saparan sudah lama berdiri dan muridnya saat ini terdiri dari enam kelas. Siswanya pun telah berjumlah lebih dari seratus siswa. Namun, hanya terdiri dari enam guru, itupun terdiri dari empat guru PNS termasuk Kepala Sekolah dan dua guru honorer.

Kami sebagai guru menemukan kelemahan-kelemahan baik itu pada diri kami maupun pada anak-anak didik kami. Mulai dari tempat belajar. Siswa enam kelas hanya terdiri dari lima lokal dan kantor tempat dewan guru sekaligus dijadikan tempat perpustakaan. Kami sebagai guru sudah menyarankan kepada anak-anak jika ada jam kosong atau jam istirahat jadikanlah perpustakaan sebagai tempat menimba ilmu. Namun dari sekian banyak siswa dari kelas satu sampai kelas enam, hanya sekitar 30% yang rajin membaca.

Kenapa yang rajin membaca ini cuma sedikit. Ini disebabkan karena perpustakaan dalam kantor sempit sehingga tidak ada tempat untuk membaca. Biasanya mereka meminjam buku dan setelah itu mereka bawa keluar untuk dibaca di teras kelas atau kelas masing-masing. Ada beberapa anak yang takut kepada bapak ibu guru karena tempatnya berada di dalam kantor. Buku-buku yang tersediapun sudah lama sehingga anak-anak merasa bosan dan kurang termotivasi untuk membacaya.

Tetapi keadaan tersebut sekarang sudah berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini LPI-DD masuk kes ekolah kami. Anak mulai termotivasi untuk belajar apalagi membaca.

Karena progam ceruk ilmu, kami banyak sekali mendapatkan buku untuk di baca, buku-buku tersebut disimpan di rak yang ada di pojok tiap-tiap kelas.

Sekarang murid kami rajin membaca, dari kelas satu sampai kelas enam sekitar 85% siswa yang terlihat gemar membaca. Karena bukan buku-buku tersebut tidak hanya berada di perpustakaan. Sekarang setiap kelas disediakan lemari. Setiap lemari berisi bermacam-macam buku bacaan. Kami pun sebagai guru selalu memotivasi anak untuk membaca buku.

Dengan bermacam-macam jenis buku, membuat anak-anak jadi antusias untuk membaca buku. Terima kasih kepada Makmal Pendidikan yang memberikan banyak ilmu dan bisa membangkitkan sekolah kami. Terima kasih atas semua usaha dan bantuannya.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044