Mengenal Budaya Jampang

Pagi itu terlihat kesibukan guru-guru PAUD Pengembangan Insani Makmal Pendidikan menyiapkan stand untuk kegiatan Market Day. “Kegiatan Market Day ini bertujuan untuk mengenalkan kegiatan jual-beli , menjalin sosialisasi dengan teman dan guru serta mengenalkan makanan khas daerah Jampang” jelas Ibu Lilis, Kepala Sekolah PAUD Pengembangan Insani Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. PAUD Pengembangan Insani sendiri merupakan salah satu Sekolah Laboratorium Makmal Pendidikan.

Keceriaan anak-anak PAUD Pengembangan Insani terlihat jelas dari wajahnya, ada yang sibuk menawarkan jualannya, ada juga yang sedang asyik berinteraksi dengan pembeli. Terlihat semakin ramai dengan kedatangan kakak-kakak dari Sekolah Guru Indonesia (SGI) dan Makmal Pendidikan yang ikut berpartisipasi dalam Market Day pagi itu. Disini siswa secara kelompok menyajikan makanan khas Jampang yang dikoordinasi oleh guru.

Kegiatan Market Day ini adalah salah satu rangkaian kegiatan di PAUD. Kegiatan ini dihelat selama empat hari, terhitung dari hari Selasa (01/04) sampai dengan hari Jumat (04/04) di Bumi Pengembangan Insani, Jampang, Kemang, Bogor dengan mengusung tema “Mengenal Budaya Jampang”. Agenda kegiatan ini meliputi : Market Day, Pencak Silat, Karnaval dan Lomba masak makanan khas Jampang oleh  ibu-ibu wali siswa PAUD.

Agenda kegiatan di hari kedua adalah mengenalkan budaya pencak silat Jampang, seluruh siswa mengenakan kaos olah raga dan mengikuti kegiatan pencak silat yang dipandu oleh pelatih silat dari Jampang. Kegiatan di hari ketiga adalah kegiatan karnaval siswa dengan mengenakan pakaian daerah Jampang. Siswa PAUD berkeliling seputar sekolah dan lingkungan sekitar yang dilanjutkan dengan kegiatan peragaan busana daerah. Hari terakhir kegiatan PAUD adalah lomba memasak ibu-ibu wali siswa PAUD, yang terdiri dari lima kelompok. Untuk masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang, dengan menghadirkan dua juri yaitu Mbak Jani dan Pak Daus.

”Mengenalkan budaya daerah secara dini kepada anak didik merupakan proses pembelajaran penting agar anak didik mulai menyukai dan mencintai budaya mereka sendiri” Jelas Ibu Lilis. Harapan kedepan, dengan diadakannya kegiatan dengan tema “Mengenal Budaya Jampang” ini dapat memperkenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap budaya asli daerahnya. Mencoba menanamkan pentingnya memperkenalkan kesenian dan budaya pada anak usia dini. Mengenal dan memberikan pembelajaran mengenai budaya kita sendiri butuh kemauan dan optimisme. Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi bagi masyarakat dan bagi putra putri PAUD untuk mengenal dan mencintai budaya asli daerahnya.  [Attin]

Karnaval

Lomba Memasak

Market Day

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.