Melatih Guru Produksi Media Pembelajaran Sendiri

TANGERANG-Telah dua hari ini (24-25/09), trainer Makmal sambangi Tangerang, Banten. Bukan untuk melancong, tapi berbagi inspirasi dan pengetahuan pada para guru di Cikokol. Kali ini materi yang disampaikan adalah Media Pembelajaran. Harapannya, pasca pelatihan para guru dapat mandiri membuat media pembelajaran.

“Pelatihan ini sengaja kami buat agar para guru dapat mengimplementasikan media pembelajaran sebagai bahan ajar yang efektif dan menyenangkan,” demikian ungkap Lutfiarto Setya, tim Media Pembelajaran Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan. Hal ini didasari karena media pembelajaran merupakan sarana efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran pada siswa.

Bertempat di SDN Cikokol 02, sebanyak 33 orang guru dari 5 sekolah dasar dan UPTD Cikokol menjadi peserta pelatihan ini. Mereka berasal dari SDN Cikokol 01, SDN Cikokol 02, SDN Cikokol 03, SDN Cikokol 04, dan SDK Penabur. Meski pelatihan berlangsung dari pagi hingga sore, namun para peserta selalu bersemangat karena pelatihan diseting aktif dan menyenangkan.

Empat orang Trainer profesional Makmal bergantian mengisi empat sesi pelatihan yang berlangsung selama dua hari. Hari pertama, diawali oleh Agung Pardini yang memberikan materi tentang Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif, Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Iwan Sahrudin, dengan materi Implemetasi Media Pembelajaran Sebagai Bahan Ajar Yang Efektif Dan Menyenangkan. Hari kedua, Suwarno menyampaikan tentang Eksplorasi Penggunaan Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Menjadi Alat Peraga Sederhana. Pelatihan ditutup oleh Eri Priatna yang menyampaikan materi Kreatif Menciptakan Media Pembelajaran sesuai dengan Bidang Studi.

Sengaja PSB Makmal menghelat pelatihan dengan sedikit peserta, agar materi pelatihan dapat diterima dengan baik, mendalam, dan menyeluruh oleh semua peserta. Di samping itu agar para peserta dapat langsung berkonsultasi dengan trainer apabila ada hal-hal yang dirasa kurang paham.

Pelatihan serupa pernah juga diberikan di Sorong, Papua awal tahun 2013 lalu. Semoga ke depan, semakin banyak guru yang dapat menerima manfaat dari pelatihan ini, sehingga semakin baik pula kualitas guru di negeri ini. Amin.. [siska]

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044