Mari Menghias Kelas Agar Belajar Lebih Semarak

Mari Menghias Kelas Agar Belajar Lebih Semarak

Oleh: Zulkifli

 

Kelas merupakan ruangan yang merupakan bagian dari sekolah di mana seorang anak dan guru melaksanakan proses belajar dan mengajar.

 

Hampir 90% proses belajar dan mengajar di lakukan di kelas. Alangkah baiknya jika kelas kita hiasi dengan sesuatu yang dapat menambah wawasan dan daya ingat anak yaitu salah satunya dengan membuat display. Display adalah salah satu cara agar proses belajar menjadi santai dan tidak terfokus pada buku. Saat pertama kali saya memperkenalkan display kepada siswa, mereka terlihat senang dengan metode belajar dengan display, display tidak hanya sebagai cara belajar yang unik tetapi hasil dari pembuatan display bisa dipajang di kelas dan dapat di lihat setiap hari oleh anak. Selain itu, display bisa membuat anak kreatif dalam belajar serta mengembangkan bakatnya dalam bidang kesenian.

 

Dengan display, banyak hal yang bisa dilakukan untuk materi pembelajaran, agar anak menjadi aktif dan bisa berpikir. Dengan display, anak jadi mudah mengerti tentang pembelajaran yang sedang di pelajarinya dan menuangkannya ke dalam sebuah gambar atau cerita. Berikut ada sebuah pengalaman saya mengajar dengan display.

 

Ketika saya baru mendapatkan pelatihan di ceruk yaitu tentang display maka saya langsung bertekad untuk memperagakan display ini dihadapan anak-anak.

Setelah selesai mengikuti pelatihan, saya langsung memperkenalkan display ini kepada anak.

“Anak-anak, minggu depan kita membuat display, ya!” Salah seorang murid mengancungkan tangannya untuk bertanya.

“Pak, display itu apa sih?” Melihat salah seorang murid bertanya seperti itu, murid-murid yang lain gelisah dan berbisik-bisik dengan teman sebangkunya, mereka heran, dan penasaran tentang display. Lalu saya langsung menjawabnya, “Display itu adalah materi belajar yang kita ambil dari buku dan kita buat kedalam sebuah gambar dan cerita kemudian display itu kita presentasikan atau kalian menjelaskan dan menceritakan maksud dan arti dari gambar yang kalian buat di display itu.”

 

Setelah saya jelaskan seperti itu, serentak mereka menjawab, “Oh… begitu ya, Pak!“ kemudian seorang murid berkata “Pak, kalau begitu, sekarang aja kita buat, kami udah gak sabar nih mau lihat display!” Saya pun menjawab, “Sabar ya, Nak! Minggu depan saja kita praktekkan.” Melihat saya menjawab seperti itu mereka terlihat kecewa.

 

Setelah satu minggu terlewatkan, kini tibalah jam pelajaran saya, saya masuk ke kelas dan mereka semua langsung berisik karena sudah tidak sabar ingin melihat, membuat dan memperagakan hasil display mereka, sebelumnya saya sudah membagikan kelompok mereka menjadi tiga kelompok, tiap kelompoknya terdiri dari lima orang, kemudian saya mengambil semua peralatan untuk membuat display.

 

Peralatan itu saya bagikan kepada setiap kelompok, dan masing-masing kelompok membuat display dengan judul yang sudah saya berikan, saya mengajar sebagai guru IPS, maka judul yang saya berikan sesuai dengan pelajaran yang saya ampu, adapun judulnya yaitu hari merdeka, pahlawanku, dan alat transportasi. Setelah judul saya bagikan, semua sibuk membuat display sesuai dengan imajinasi mereka dengan panduan beberapa buah buku, semuanya semangat untuk membut display, setelah selesai mereka memceritakan gambar dan simbol-simbol yang mereka tulis di papan triplek yang berukuran 1×2 meter itu, semua hasil karya mereka bagus-bagus dan kita bias mengetahui maksud dari gambar yang mereka buat. Setelah selesai, masing-masing kelompok tampil kedepan kelas memperlihatkan hasil karya mereka.

Mereka kelihatan senang dan kelaspun menjadi bertambah cerah dan indah dengan adanya pajangan-pajangan seperti display.

 

   

 

 

 

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044