Makmal Pendidikan Selenggarakan Training for Trainer (TFT)

Makmal Pendidikan melalui program Peningkatan Kualitas Pendidikan (PKP) pada hari Jum’at hingga Sabtu, 12-13 April 2013 menyelenggarakan kegiatan Training for Trainer (TFT). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penjaringan trainer-trainer baru yang nantinya akan dijadikan trainer associate Makmal Pendidikan guna mendukung program pelatihan kepada para guru di berbagai penjuru Indonesia.

Tidak kurang sekitar 19 peserta terpilih hadir untuk mengikuti kegiatan ini. Mereka terdiri dari para guru sekitar daerah Parung-Kemang dan karyawan internal divisi Pendidikan Dompet Dhuafa. Menurut Abdulloh, selaku penanggung jawab kegiatan, pihaknya sengaja membatasi peserta yang ikut, hal ini dimaksutkan untuk lebih meningkatkan kualitas pelatihan.

Kegiatan yang bertajuk “Optimalisasi Berbagi Ilmu dengan Menjadi Trainer” rencananya akan dibagi menajdi tiga sesi. Pada sesi pertama yang digelar pada hari jum’at, peserta akan dibekali materi tentang public speaking, yang dibawakan oleh bapak Zulfikar yang merupakan trainer dari Kubik Training. Di sesi ini peserta dibekali berbagai tips dan trick untuk menguasai audience, dan dibangun kepercayaan dirinya untuk menjadi seorang public speaker ulung.

Berlanjut di pada sesi kedua dihari yang sama, peserta akan mendapatkan materi be coming trainer yang dibawakan oleh Agung Pardini, Manager PKP Makmal Pendidikan. Di sesi ini peserta di berikan beberapa trik ketika menjadi seorang trainer, seperti cara memperkenalkan diri ke audience, tips dalam membuka dan menutup training dan banyak lagi.

Pelatihan akan ditutup keesokan harinya dengan penampilan dari masing-masing peserta yang kemudian akan dinilai oleh trainer internal Makmal Pendidikan. Nantinya, peserta akan dinilai lewat penampilannya tersebut, dan dari hasil penilaian itu lah peserta terpilih akan otomotis dinobatkan untuk terlibat sebagai trainer associate Makmal Pendidikan.

Kegiatan TFT kali ini  mendapat respons sangat positif dari para peserta. Mereka sangat terkesan karena bisa mendapatkan banyak ilmu yang sifatnya aplikatif untuk menjadi seorang trainer handal.

“Kegiatan memberikan saya banyak pengetahuan mengenai dunia training khusunya untuk menjadi seorang trainer, dan mudah-mudahan dengan mengikuti acara ini, saya dapat member kebermanfaatan lebih kepada banyak orang di kemudian hari”, jelas Amir salah satu peserta pelatihan

Makmal Pendidikan hingga tahun 2012 telah melatih lebih dari 15.000 guru di seluruh penjuru Indonesia. Semoga dengan dilangsungkannya kegiatan ini, kedepannya Makmal Pendidikan bisa lebih optimal dalam menyebarkan kebermanfaatan dan aksi nyatanya dalam pembenahan wajah pendidikan Indonesia. Angger.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044