Makmal Pendidikan dan BEM UI Helat Simposium “Pendidikan Berkeadilan”

Amanat UUD Republik Indonesia Tahun 1945 menyebutkan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan” (Pasal 31 ayat 1), dan “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia” (Pasal 28C ayat 1 Amandemen Kedua UUD 1945). Namun, kiranya amanat tersebut belum mampu terealisasi dengan baik, terbukti masih terdapat ketimpangan akses terhadap pendidikan berkualitas yang dirasakan oleh banyak anak negeri ini.

Berangkat dari pemikiran tersebut, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menginisiasi event Simposium Pendidikan Nasional 2013. Event tersebut direncanakan akan rutin dihelat setiap tahun. Tahun ini, Makmal gandeng BEM UI untuk bersama helat Simposium yang mengangkat tema “Pendidikan Berkeadilan”. Tujuan utama dari diselenggarakannya Simposium sendiri adalah untuk membahas isu-isu atau permasalahan terkini di bidang pendidikan berdasarkan data dan penelitian yang telah dilakukan oleh peserta, dan menarik kesimpulan yang berguna sebagai masukan atau bahan pengambilan kebijakan oleh pemerintah. Karenanya, sebelum Simposium dihelat, Makmal telah terlebih dulu menggelar kompetisi Call For Papers. Dari kompetisi tersebut, terjaring karya-karya terbaik yang berkesempatan untuk dipresentasikan saat Simposium. Selain presentasi paper terbaik, pada Simposium Pendidikan Nasional 2013 juga akan dilangsungkan Diskusi Panel bertajuk “Pendidikan Berkeadilan Pada Jenjang Perguruan Tinggi”.

Sebagai penguat wacana dan motivasi untuk peserta, hadir Tokoh Pendidikan Nasional Anies Baswedan dan Itje Chodijah untuk memberikan Orasi Pendidikan. Orasi juga disampaikan oleh Agung Pardini, Trainer Guru Nasional yang saat ini menjabat sebagai Manager Peningkatan Kualitas Pendidikan-Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Simposium Pendidikan Nasional 2013 dihelat di Aula Terapung Perpustakaan Pusat Kampus UI Depok pada Rabu 30 Oktober 2013 pukul 08.00 hingga 16.00. Semoga perhelatan ini mampu memberikan kontribusi signifikan untuk perbaikan kualitas pendidikan Indonesia. [siska]

{loadposition related}

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.