Makmal Pendidikan Cetak Guru Kreatif di Daerah Perbatasan (Bengkayang-Malaysia)

Oleh: Nurdin Kadir

Pendamping Sekolah Cerdas Literasi SDN 05 Saparan

Seluas, Bengkayang Kalbar –  Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, SDN 05 Saparan Kec. Jagoi Babang dan Dompet Ummat, Kalbar menyelenggarakan pelatihan peningkatan mutu guru SD daerah perbatasan dengan mengusung tema “Memaknai Pajangan Hasil Karya Siswa (Display Kelas)”.

Pelatihan yang mengambil tempat di Aula UPT Dinas Pendidikan Seluas Bengkayang ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Bapak Selverius Sinoor, SH, MH. dan diikuti sebanyak 31 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru SD se-UPT Dinas Pendidikan Seluas. Turut hadir juga dalam pelatihan ini, Kepala UPT Dinas pendidikan Seluas, Bapak K. Kardi, Pengawas TK/ SD Kec. Jagoi Babang, Bapak Adussianus, S.Pd, Koordinator Sekolah Beranda Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, Bapak Thanthan Gumilar dan Pengurus Dompet Ummat Kalimantan Barat. Sementara itu, tampil sebagai narasumber tim trainer pendidikan dari Makmal Pendidikan.

Pelatihan “Memaknai Pajangan Hasil Karya Siswa (Display Kelas)” adalah salah satu rangkaian kegiatan pada program pendampingan di SDN 05 Saparan Kec. Jagoi Babang-Bengkayang. Pelatihan ini memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk membangun kreatifitas dan berkreasi dalam memajang hasil karya siswa atau hasil belajar siswa di ruang kelas. Display kelas adalah sebuah wadah/tempat yang digunakan untuk menyajikan informasi penting yang menunjang pembelajaran kelas.

Pada pelatihan ini, peserta tidak hanya mengetahui apa dan bagaimana cara membuat display ruang kelas, namun juga mempraktikkan langsung secara berkelompok. Antusiasme peserta terlihat saat kegiatan praktik membuat display. Selama dua hari, ide-ide kreatif mereka tak terbendung hingga menghasilkan beberapa display kelas yang menarik.

Bulan Oktober lalu, pelatihan peningkatan mutu guru SD daerah perbatasan Kab. Bengkayang ini juga telah diselenggarakan di SDN 05 Saparan Kec. Jagoi Babang-Bengkayang dengan tema “Shifting Education Paradigm”. Materi yang disuguhkan kepada peserta pelatihan adalah Wajah Pendidikan Indonesia, Menjadi Guru Kreatif, dan Penilaian Berbasis Kelas. Selanjutnya, masih akan dilaksanakan berbagai pelatihan lain di tahun mendatang ini antara lain pelatihan Ceruk Ilmu, PAIKEM, TIPH dan kegiatan lain yang dapat mendukung peningkatan mutu guru SD daerah perbatasan di Kab. Bengkayang.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044