LITERAKSI: Bukan Sekadar Narasi

li.te.ra.si // kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup

ak.si // tindakan

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata LITERASI! Lalu bagaimana dengan LITERAKSI?

Bagi sebagian orang, literasi sudah menjadi bahan obrolan yang sering didengar. Survey tentang minat baca di Indonesia pun sering disampaikan. Tapi tidak banyak yang kemudian memutuskan untuk mewujudkannya dalam aksi nyata. Berangkat dari realita ini, Duta Gemari Baca batch 5 mengusung tema yang bisa jadi merupakan wujud pengharapan bagi generasi muda yang ingin membawa perubahan bagi literasi di Indonesia.

Literaksi diambil dari 2 kata yang berbeda yaitu Literasi dan Aksi. Sebagaimana artinya, Literaksi merupakan wujud tindakan nyata pemuda untuk turut berkontribusi mendorong minat dan budaya baca dalam upaya mewujudkan masyarakat yang literat. Alih-alih banyak bicara dan berdebat, baik di dunia nyata maupun maya, Duta Gemari Baca diharapkan mampu menciptakan perubahan nyata melalui aksi literasi bagi lingkungan sekitarnya. Harapan ini pula yang nantinya tersemat bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk sama-sama bergotong royong menyelesaikan permasalahan bangsa ini.

Bersama harapan ini Dompet Dhuafa Pendidikan memanggil kamu, generasi muda yang ingin berkontribusi dan mewujudkan aksi nyata dalam meningkatkan literasi masyarakat Indonesia dengan bergabung menjadi Duta Gemari Baca batch 5.

Dengan menjadi Duta Gemari Baca kamu bisa berjejaring dengan relawan literasi dari seluruh Indonesia dan mendapatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang literasi. Ilmu yang kamu dapatkan bisa kamu aplikasikan di komunitas, TBM, atau perpustakaan kamu untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat Indonesia.

Segera daftarkan diri kamu di http://bit.ly/DutaGemariBaca5

Komentar

komentar