Ketika Ingin Menyerah Lihatlah Semangat Anak-Anak Ini

IMG-20171011-WA0001
Akhir-akhir ini hujan dengan curah cukup tinggi mulai menghampiri Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, hal tersebut entah mengapa membuat kondisi fisik melemah dan tubuh menjadi rentan terkena penyakit.
Pagi lalu kudapati banyak siswa tak hadir ke sekolah, konon hal tersebut dikarenakan Sungai Gansal yang biasa mereka lalui meluap. Sedih rasanya melihat kelas sunyi, tetapi kegiatan belajar mengajar tetap harus berjalan. Pagi selanjutnya pemandangan di kelas membuatku semakin khawatir sebab siswa yang hadir tak sampai setengahnya, menurut informasi ternyata saat ini warga di Dusun Nunusan banyak yang terjangkit penyakit. Dari seratus sepuluh warga, enam puluh diantaranya dinyatakan sakit, termasuk para siswa didikku di sini. Astaghfirullah.
Kesedihan yang kurasakan berangsur pulih sebab di hari selanjutnya kulihat beberapa siswa memaksakan masuk sekolah walau jaket tebal memeluk tubuh kecil mereka dan koyo hinggap di kening. Keinginan dan semangat mereka untuk tetap pergi ke sekolah patut diacungi jempol, beberapa mengaku jika rindu dengan suasana di sekolah.
IMG-20171011-WA0000
Alhamdulillah semenjak didampingi Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa melalui Sekolah Literasi Indonesia (SLI) banyak perubahan terjadi di Dusun Nunusan, termasuk cara berpikir warga terhadap pendidikan. Bahkan guru-guru yang mengajar di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh sudah mulai disiplin ketika mengajar. Perubahan yang sangat membanggakan.
Kerinduan akan bertemu guru, kerinduan akan belajar, kerinduan bermain dengan teman-teman, dan kerinduan menggapai cita menjadi candu tersendiri untuk anak-anak di Dusun Nunusan. Walau tinggal di pedalaman, tetapi mereka memiliki cita cita yang mulia yakni menjadi seorang guru. Alasannya sederhana, mereka ingin agar kelak adik-adik mereka dapat mengecap pendidikan serupa layaknya anak-anak Indonesia lain. (Editor: Akhie)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044