sedekah-jumat berbagi

Kerennya Jumat Berbagi di MI Darul Huda

Jumat berbagi adalah kegiatan yang digagas dan dipelopori oleh Ketua Yayasan Darul Huda, yakni Bapak Ali Al Bustom. Sesuai dengan namanya kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, yang mana bagi umat Islam merupakan hari yang baik. Konsep awal kegiatan ini adalah warung atau kantin yang dikelola oleh yayasan akan memberikan jajanan senilai Rp 1.000,00 untuk setiap siswa MI Darul Huda. Setiap siswa cukup membayar dengan membaca Al Fatihah dan doa untuk kemajuan yayasan dan sekolah, serta doa agar banyak donatur yang sholeh hatinya untuk menyumbang pada yayasan. Dalam rencana yang dirancang oleh Bapak Ali, Jumat berbagi ini dilaksanakan hanya dua kali dalam satu bulan.

Permulaan Jumat Berbagi

            Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada Jumat, 05 Oktober  2018. Siswa-siwa menyambut antusias kegiatan Jumat Berbagi ini, walaupun awalnya tampak beberapa siswa yang kebingungan dan bertanya-tanya, namun kegiatan ini meninggalkan kesan yang sangat baik bagi para siswa. Jumat berikutnya Bapak Ali kembali mencoba melaksanakan kegiatan Jumat berbagi ini, namun kali ini nominalnya naik menjadi Rp 2.000,00. Menariknya adalah ketika selesai shalat dhuha, Kepala Sekolah yaitu Ibu Titin Suwartini memimpin doa bersama para siswa dan guru-guru yang ditujukan agar semakin banyak donatur yang bersedia menyumbang pada yayasan. Saat kembali ke kantor, Bapak Ali mengabarkan bahwa ada donatur yang menyumbang untuk yayasan dan donatur tersebut ingin agar sumbangannya dibagikan dalam bentuk jajanan seharga Rp 5.000,00 per siswa. Saya, Kepala Sekolah, dan semua guru langsung takjup dan kami langsung mengatakan bahwa ini adalah sebenar-benarnya kekuatan doa.

            Sejak saat itu, kegiatan Jumat Berbagi dapat dilaksanakan secara rutin dengan nominal yang terus meningkat. Penyebaran informasi dilakukan melalui whatsapp dan juga media sosial seperti facebook dan instagram. Setiap hari Kamis, Bapak Ali dan guru-guru secara rutin membagikan info tentang kegiatan Jumat Berbagi ini.  Di Jumat keempat pelaksanaan kegiatan ini, tak hanya jajanan yang dibagikan kepada siswa, namun juga uang tunai yang diperuntukkan bagi siswa yang yatim, piatu, dan dhuafa. Bapak Ali secara rutin membuat video ucapan terima kasih dari seluruh siswa yang ditujukan kepada para donatur.

Target Jumat Berbagi

            Bapak Ali selaku penggagas kegiatan ini berharap agar kegiatan ini dapat terus terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan setiap waktu pelaksanaannya. Kedepannya beliau berharap agar nantinya saat sumbangan dari donatur telah mencukupi, yayasan dan sekolah mampu berbagi pada orang-orang yang membutuhkan yang berada di sekitar wilayah sekolah.

Komentar

komentar