KAWAN SLI Terus Dukung Kemajuan Pendidikan di Desa Kubung

KAWAN SLI Terus Dukung Kemajuan Pendidikan di Desa Kubung

Oleh: Pelangi A. Salsabila, KAWAN SLI Angkatan 3, penempatan Halmahera Selatan

 

 

 

“Terima kasih kepada Konsultan Relawan (KAWAN) Sekolah Literasi Indonesia (SLI). Saya pribadi sangat senang dengan kedatangan KAWAN Icut dan KAWAN Pelangi, senang dengan penyampaiannya, sangat sederhana dan mudah dimengerti,” tulis Rita di lembar kesan pesan. Rita adalah salah satu dari sepuluh guru peserta ‘Pelatihan Pengisian e-Rapor Kurikulum 2013’ pada Sabtu lalu di Ruang Perpustakaan MTS Al-Ikhlas, Desa Kubung, Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

 

 

Letak desa yang berada di ujung selatan Pulau Bacan membuat kubung menjadi salah satu desa pelosok yang hanya mempunyai dua RT dan 147 KK. Dari segi pendidikan pun tidak bisa dikatakan mumpuni, hanya satu Madrasah Ibtidaiyah dan satu Madrasah Tsanawiyah yang ada di sana, baik peserta didik maupun pendidiknya masih perlu mendapatkan banyak penguatan pendidikan.

 

 

 

Pelatihan menjadi salah satu strategi bagi dua mahasiswa program BAKTI NUSA Dompet Dhuafa Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di desa ini. Januar dan Joni  mengadakan pelatihan dengan mendatangkan dua KAWAN SLI yang sedang bertugas di pusat kota Bacan.

 

 

 

Jarak tempuh yang tidak sebentar serta jalanan yang terjal menuju Kubung tak menyurutkan langkah KAWAN Icut dan KAWAN Pelangi untuk tetap hadir memandu para guru. Tenggat waktu mengurusi seleksi berkas SLI yang masih diemban pun tak membuat mereka surut semangatnya, penampilan yang enerjik penuh antusias dilakukan totalitas oleh KAWAN. Para peserta pun sangat aktif mengikuti sehingga pelatihan ini dapat terlaksana dengan sangat baik.

 

 

 

SLI merupakan program pendampingan sekolah yang berfokus pada peningkatan kualitas performa sekolah melalui 3 aspek dasar yaitu kepemimpinan sekolah, sistem pembelajaran dan budaya sekolah.

 

Komentar

komentar