KAWAN SLI: Semangat Membara Demi Sistem Sekolah Lebih Baik

KAWAN SLI: Semangat Membara Demi Sistem Sekolah Lebih Baik

Oleh: Putri Ria Utami, KAWAN SLI Angkatan 3 Penempatan Kota Semarang

 

Semarang- Pelatihan Rencana Strategis dan Tata Nilai Sekolah menjadi salah satu materi penting bagi sebelas orang kepala sekolah/madrasa dan dua guru perwakilan setiap sekolah/madrasah di Kota Semarang. Pelatihan yang bertujuan mengetahui alur perencanaan strategis sekolah hingga mampu membuat Analisis SWOT, Visi, Misi, Tujuan, Indikator, Program Kerja hingga Tata Nilai Sekolah dengan tepat ini diadakan di Aula Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

 

Kegiatan dimulai dengan tebak gambar, KAWAN Putri mengatakan jika gambar merupakan salah satu cara termudah untuk menghubungkan peserta dengan pelatihan Renstra. “Gambar yang dilihat peserta dapat menjadi acuan menciptakan Restra untuk mencapai tujuan sekolah,” ungkapnya.

 

Selama pelatihan para peserta dibagi ke dalam enam kelompok dan diajak mencapai proses serta tujuan Rencana Strategis Sekolah. “Setiap kelompok kami berikan amplop berisi alur Renstra. Setiap kelompok ditugaskan menyusun alur Renstra dengan tepat dan ditempel di kertas HVS yang sudah disedikan,” ujar KAWAN Putri.

 

Tak hanya dilatih membuat Renstra, para peserta juga ditatar membuat materi Tata Nilai. Bersama KAWAN Yuyun penyampaian materi tata nilai menjadi semakin menyenangkan dan tepat sasaran, hingga membuat para peserta bersemangat membuat tata nilai terbaik untuk di sekolah masing-masing; seperti yang dilakukan SDN Kramas yang mengusung “Sonya Berhijab” (Sopan, Nyaman, Bersih, Hijau, dan Tanggungjawab) dan MI Miftahul Ulum 02 dengan “AMAN” (Akhlaqul Kharimah, Mandiri, Asri, dan Nasionalisme).

 

Menurut KAWAN Yuyun output pelatihan diharapkan mampu membuat sekolah lebih berani mengeksplorasi keunggulan sekolahnya masing-masing.

 

“Matur nuwun mbak-mbak KAWAN SLI, pelatihan ini sangat berkesan bagi saya dan sangat membantu untuk merevisi Renstra Sekolah juga membuat Tata Nilai Sekolah lebih menyenangkan,” tutur Zuhri, perwakilan MI Mangunharjo.

Komentar

komentar