KAWAN SLI, Kini dan Nanti

KAWAN SLI, Kini dan Nanti

Oleh: Piska Yunita

Sekolah Literasi Indonesia (SLI) merupakan salah satu program yang berhubungan dengan pendidikan. Sebelum terjun nantinya di sekolah kami diberikan pembekalan selama dua bulan di Bogor. Selama pembinaan sepuluh hari, hari pertama di awali dengan kegiatan outbond di Kebun Raya Bogor, hal yang menarik, kita bukan hanya sekadar bermain saja tetapi ada hikmah di setiap permainan tersebut, dari permainan tersebutlah terlihat nilai spiritual yang dipegang oleh Dompet Dhuafa.

Perjalanan sebagai Konsultan Relewan (KAWAN) sangatlah panjang, hari demi hari saya di sini terus dibekali dengan ilmu-ilmu yang nantinya sangat berguna bagi saya di penempatan nantinya di sekolah yang telah ditentukan, dari ini saya belajar, bahwa sebagai konsultan kita bukan hanya sebagai mendidik siswa tetapi kita juga sebagai trainer bagi guru-guru maupun kepala sekolah yang akan dilihat bagaimana perkembangan sekolah tersebut.

Hari Senin, hari kedua saya di sini, saya berpikir “Apakah saya bisa menjadi seorang konsultan nantinya?” Pertayaan itu sering muncul di pikiran saya, lambat laun dengan materi yang telah disampaikan, saya diberikan motivasi secara tidak langsung, bahwa saya mampu mengemban amanah ini sebagai konsultan. Bagi seorang pemula seperti saya ini, hal seperti ini adalah hal yang pertama buat saya. Banyak terdapat hal baru ketika saya di sini, bergabung dengan orang-orang baru yang saya kenal, dari beberapa pulau yang ada di Indonesia, ini merupakan hal yang pertama bagi saya.

SLI bukanlah terdapat orang sarjana pendidikan saja, tetapi sarjana sains bisa bergabung menjadi konsultan yang nantinya di sekolah. Di sini ada hal yang paling menarik, karena SLI membuka peluang untuk orang yang mau bergabung dan berkontribusi untuk dunia pendidikan dalam semua jurusan. Hidup bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi ada hak orang lain yang harus kita tunaikan. Penggalan kalimat tersebut membuat saya terenyuh dan tetap bertahan sampai saat ini.

Hari demi hari yang telah saya lewati di sini, saya mulai memahami apa yang akan dilakukan nantinya di penempatan, dari penjelasan yang disampaikan rasanya berat untuk mengemban amanah sebagai konsultan ini, tetapi saya yakin, kesempatan ini bukan hanya saja sebuah kebetulan, tetapi Allah telah menetukan ini semua. Adakalanya saya merasa lelah menjalani ini, tetapi saya terus memperbaiki niat dan bertanya kepada diri sendiri untuk apa saya di sini. Ini juga sebagai motivasi untuk diri saya agar tetap semangat menjalani semua ini, dan selalu memperbaiki diri.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044