KAWAN SLI: Kelas Literasi Kolaborasi Kebaikan

Oleh Pelangi A. Salsabila
KAWAN SLI 3 Penempatan Halmahera Selatan

 

——————————————————————–

UNTUK INDONESIA DAN BUMI YANG KUAT

 

Yang tak sabar inginku bercengkrama pada keramahanmu dan kita kembali mengukir cerita.
Lekaslah pulih….
——————————————————————–

 

Kolaborasi kebaikan membuat kebaikan-kebaikan yang ada pada masing-masing individu dikumpulkan dan saling melengkapi, untuk tujuan kebaikan yang lebih besar. Dimana, jangkauan kebermanfaatannya pun akan semakin luas dirasakan oleh objek kebaikan.

 

Kolaborasi kebaikan dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun untuk tujuan apapun. Selama demi kebaikan bersama.

 

Banyak hal menyenangkan dari aktivitasku di Sekolah Literasi Indonesia (SLI), aku bisa melihat dan belajar dari berbagai kolaborasi kebaikan yang kutemukan. Berkunjung ke sekolah adalah salah satunya. Bertemu kepala sekolah dan guru-guru yang enerjik serta anak-anak yang ceria. Melihat pemandangan akan kejadian di sekolah, seolah menyegarkan pikiran dan hatiku layaknya menghirup udara bersih di pegunungan.

 

Kegiatan di dalam maupun di luar kelas selalu bisa mengundang ketertarikanku pada interaksi kebaikan para guru dan peserta didik. Riuh rendah suara proses pembelajaran. Derap langkah berlarian mereka saat bermain di luar kelas. Pokoknya semua menarik😊😊😊.

 

Ruang kelas dapat diibaratkan sebagai kamar kedua peserta didik setelah kamar mereka sendiri di rumah. Berbagai kegiatan sebagian besar dilakukan di ruang kelas. Belajar, bersosialisasi, menaruh barang pribadi mereka seperti tas, buku dan lain sebagainya.

 

Memiliki ruang kelas yang nyaman pasti impian banyak peserta didik dan guru. Nyaman dipandang mata, nyaman untuk belajar mengajar, serta nyaman untuk berkegiatan. Pokoknya nyaman untuk apapun, termasuk berliterasi yang menjadi dasar kelancaran proses transfer ilmu. Dimana ruang kelas pun bisa menjadi media integrasi nilai-nilai dan pembelajaran yang menyenangkan.

Ruang kelas SDN 68 Halmahera Selatan.

Salah satu kolaborasi kebaikan yang menarik. Seperti menemukan sebuah harta karun yang sangat berharga. Cerita dan kenangan yang dibagikan oleh pak Ahmadi dan para guru kepadaku tentang ruang kelas ini. Kisahnya akan selalu terkenang dan aku simpan di memori perjalanan hidup.

 

Kelas literasi yang nyaman, impian peserta didik. Perwujudan dari kontribusi kolaborasi kebaikan kepala sekolah, para guru dan orang tua. Mereka bekerja bersama-sama mendekorasi ruang kelas masing-masing. Guru mendesain konsep ruang kelas yang dibutuhkan. Kemudian para orang tua berjibaku membuatnya, tak terkecuali pak Ahmadi selaku kepala sekolah dan salah satu orang tua peserta didik.


Seluruh orang tua, dengan latar belakang profesi yang berbeda. Semuanya menyatu bergotong royong mengerjakan, mengerahkan kemampuan yang dimiliki.
Ada yang mengerahkan tenaganya untuk mengecat dan menggambar dinding serta merapihkan kelas. Ada juga yang mengerahkan materi, alat dan bahan yang diperlukan. Dan tak kalah heboh adalah rombongan emak-emak yang berkontribusi menyediakan makanan dan minuman. Semuanya berkolaborasi bersama demi proses kelancaran proses belajar anak-anak.

 

Kelas dengan warna-warni yang cerah, memanjakan tiap pasang mata yang memasukinya. Tulisan kalimat positif, memotivasi dan mendidik, memfasilitasi proses literasi siapapun yang membacanya. Terlebih ketersediaan pojok baca di setiap kelas, membuat anak-anak bebas menyalurkan hasrat membaca mereka.

 

Gambar-gambar makhluk dan benda yang ada di alam sekitar semakin membuat kerasan siapapun yang tinggal. Pohon cita-cita peserta didik sebagai media penyemangat meraih cita-cita mereka pun terlukis di dinding.

 

Menyenangkan bukan, meski hanya dengan membayangkannya saja. Namun, aku seolah merasakan sendiri kontribusi kolaborasi kebaikan untuk kelas literasi itu.

 

Aaahhh beruntungnya aku dapat melihat dan mendengar kisah tentang kelas-kelas ini.

 

Tetap semangat dan berjuang selalu untuk keluarga SDN 68 Halmahera Selatan. Demi asa para penerus negeri.

 

Salam Literasi
Keep up your SPIRIT……😊😊😊😊

Komentar

komentar