KAWAN SLI: Ini lho Pentingnya Penyusunan Renstra Makmalian

KAWAN SLI: Ini lho Pentingnya Penyusunan Renstra Makmalian

SDN 167 Halmahera Selatan kehadiran sebelas guru dari sekolah dampingan Dompet Dhuafa Pendidikan. Kehadiran para guru telah dinanti sejak pagi karena ada Pelatihan Penyusunan Renstra yang harus mereka ikuti. Meski dibagi ke dalam dua sesi namun para peserta bisa mengikuti jalannya pelatihan dengan baik dipandu Pelangi dan Edo dari Konsutan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (KAWAN SLI).
Di dalam sebuah lembaga pendidikan penyusunan Renstra merupakan aspek paling mendasar karena berisi rencana pengembangan sekolah yang dibangun dengan pertimbangan pencapaian kondisi ideal sekolah melalui potensi sekolah, selain itu penyusunan Renstra juga bisa melihat permasalahan serta perubahan yang dihadapi sekolah dan bagaimana sekolah menyusun strategi serta program kerja untuk mencapai tujuan utamanya.
Menurut KAWAN Pelangi secara garis besar penyusunan Renstra memiliki alur runut serta saling berkaitan satu sama lain yang meliputi visi, misi, tujuan, indikator, program kerja dan tata nilai. “Kami ingin sekolah mampu membuat rencana strategis yang disusun berdasarkan kesadaran, keinginan, kebutuhan, dan komitmen bersama untuk dijadikan sebuah pedoman dalam memajukan sekolah agar semua penyelenggaranya mengambil jalur tempuh yang sama menuju tujuan yang telah disepakati dalam kurun waktu tertentu,” terang Pelangi.
Ia menambahkan jika setelah mengikuti pelatihan ini, KAWAN SLI Halmahera Selatan berharap para kepala sekolah dan guru-guru dapat menyusun renstra dan tata nilai di sekolah serta mengimplementasikan hasil pelatihan dalam rapat penyusunan tersebut sebagai upaya peningkatan performa sekolah.

Komentar

komentar