KAWAN SLI: Dompet Dhuafa. Dari Umat, Oleh Umat, Untuk Umat

Oleh: Nurcahyaning Samsi Pertiwi, Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia

Dompet Dhuafa (DD). Jika kalian membaca ataupun mendengar nama tersebut, apa yang pertama kali terlintas dibenak kalian? Minta sumbangan? Jika ya maka penting bagi kalian mengenal DD lebih dekat.

 

Jujur sebelumnya aku juga tak akrab dengan DD. Sampai suatu ketika aku mendapati sebuah pengumuman pendaftaran Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia di bawah naungan DD. Aku mendaftarkan diri dengan berbagai tes yang wajib aku lalui. Alhamdulillah setelah dinyatakan lulus tes, Agustus 2019 aku resmi menjadi bagian dari keluarga DD

Aku berangkat ke Parung, Bogor, Jawa Barat. Di sanalah berdiri kantor Dompet Dhuafa Pendidikan (DD Pendidikan) sekaligus sekolah berbasis pondok khusus laki-laki. Aku tinggal di sana tepatnya di asrama khusus perempuan selama dua bulan untuk menjalani pembinaan. Selama dua bulan itulah aku menyelami Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional. Dompet Dhuafa memiliki nilai SPIRIT (Synergy, Persistent, Innovative, caRe, continuous Improvement, Trustworthy). DD menjalin synergy (sinergi) dengan pelbagai lapisan masayarakat. Dana yang didapat merupakan donasi dari umat. Dompet Dhuafa juga menggandeng berbagai brand. Jadi kita bisa berbelanja sekaligus menyalurkan donasi.

Persistent (gigih). DD berdiri secara resmi tahun 1994 dengan nama Dompet Dhuafa Republika. Sampai dengan detik ini DD gigih menyalurkan dan memberikan kebermanfaatan bagi umat.

 

Innovative (inovatif). DD senantiasa hadir dengan berbagai inovasi baru yang lebih baik. Baru-baru ini DD meluncurkan Si Mobil Baca (Si MoBa) yang merupakan perpustakaan keliling. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat.

 

caRe (peduli). Lihatlah bagaimana DD peduli kepada umat terutama kaum dhuafa. DD memiliki Rumah Sehat Terpadu, sekolah pesantren bagi anak-anak kurang mampu dan yatim piatu. DD juga memiliki program pendampingan sekolah yang bertujuan memajukan pendidikan. Ada pula program pemberdayaan masyarakat dan pengiriman relawan saat terjadi bencana. Sekarang DD juga berpartisipasi aktif dalam menghadapi covid-19. DD tak hanya peduli masalah dunia tetapi juga masalah akhirat. Hal ini terbukti dengan berbagai kajian yang dilaksanakan.

 

continuous Improvement (perbaikan berkelanjutan). DD tak lantas merasa puas dengan capaiannya. DD terus melakukan perbaikan sistem agar bisa menebar manfaat lebih luas dan lebih baik lagi. Contohnya dibidang pendidikan program SLI ditahun yang ke 3 ini menerapkan SLI transformatif. Oh iya DD juga memiliki makmal pendidikan lho, sebuah lembaga riset khusus untuk peningkatan mutu pendidikan.

 

Trustworthy (amanah). Pernah sekali aku masuk dikantor FA (Finance Accounting) DDP. Aku kagum sekali karena di dinding FA berjejer sertifikat dari lembaga audit akuntan luar yang menyatakan bahwa laporan keuangan DDP dapat dipertanggungjawabkan. DD benar-benar amanah menyalurkan donasi yang sudah masuk kepada umat yang membutuhkan. Donasi Rp 50., pun tetap masuk dilaporan DD karena mereka sungguh-sungguh dalam menjalankan amanah.

 

Alhamdulillah. Aku bahagia menjadi bagian dari Dompet Dhuafa. Berada didalamnya membuatku merasa menemukan sebuah oase kehidupan. Kita bekerja bukanlah hanya semata-mata untuk dunia tetapi untuk alam berikutnya. Sebuah lembaga dengan orang-orang terbaik dibidangnya. Lembaga yang memanusiakan manusia.

Komentar

komentar