KAWAN SLI: Bolehkah Sejenak Mengingat Masa Lalu?

Oleh: Husni KAWAN SLI 3 penempatan Sumatera Barat

 

Bolehkah sejenak mengingat masa lalu?

Masa-masa bulan Ramadan tahun lalu dan atau tahun-tahun sebelumnya.
Di sebuah desa kecil bernama Jorong Taluak Kenagarian Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat di mana pemuda pemudi berkumoul di sebuah surau nan banamo “Surau baru Taluak Mudiak”.

Berkumpul untuk apa?
Sekadar untuk tertawa dan berbagi cerita?

Tidaaak!

Mereka berkumpul setelah Salat Tarawih berjamaah untuk melakukan Tadarusan Al-Qur’an bersama-sama. Mereka terdiri dari anak-anak mulai dari kelas 1 SD sampai dengan usia dewasa. Mereka akan mengaji secara bergantian, menyimak satu persatu dari bacaan Al-Qur’an yang dibacakan.

Tujuannya apa??

Dalam waktu satu bulan adek-adek yang belum fasih membaca Al-Qur’an akan di bimbing oleh Uda dan uni mereka agar mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan Makharijul huruf dan hukum Tajwid.

 

Dari jam berapa sampai jam berapa?

 

Dari selesai shalat tarawih berjamaah sampai jam 01.00 WIB atau lebih
Lama bukan? Apa mereka tidak bosaaan?

 

Sama sekali tidak kawan, masa-masa ini yang mereka tunggu, hanya satu kali satu tahun. Hanya di bulan Ramadan. Mereka saling berkumpul untuk mengaji, saling mengingatkan jika ada kesalahan. Pada akhir bulan Ramadhan mereka juga bisa bertemu dengan Uda Uni yang selama ini diperantauan

 

Namun terdengar kabar dari kejauhan akibat pandemi yang merajalela, tahun ini tidak adalagi Tadarusan Anak Nagari.
Mereka mengikuti aturan pemerintah yang tidak membolehkan berkumpul lebih dari 5 orang guna memutus mata rantai penyebaran Corona ini.

 

Sementara kita tadarusan di rumah masing-masing dulu ya diik, mudah-mudahan di tahun depan kita bisa berkumpul kembali di musalaa kecil nan berisi sejuta kenangan.

Komentar

komentar