KAWAN SLI: Bekali Kepala Sekolah Langkah Cerdas dalam Meningkatkan Performa Sekolah

KAWAN SLI: Bekali Kepala Sekolah Langkah Cerdas dalam Meningkatkan Performa Sekolah

Kepala sekolah menjadi pemeran penting dalam sebuah sekolah. Kehadirannya mampu membuat sekolah mengalami perubahan, karena itulah kepala sekolah butuh penempaan ilmu baru untuk meningkatkan performa sekolah.
Asahan – Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (KAWAN SLI) penempatan Asahan mengawali tahun baru dengan membawa semangat baru dengan mengadakan pelatihan menggunakan Metode Uswah.  Pelatihan yang diadakan di SDN 013864 Lubuk Palas ini dihadiri oleh sepuluh kepala sekolah dampingan SLI Kabupaten Asahan. Meskipun masih dalam suasana liburan, para kepala sekolah terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan.
Bersama KAWAN Alivia, pelatihan dibuka dengan surah Al-Fatihah. Supaya semakin diberkahi oleh Sang Pemberi Kehidupan. KAWAN Alivia juga mengajak peserta bermain-main sejenak, supaya semangat peserta lebih berkobar. Sebut saja namanya Permainan Berhitung tiga level. Permainan yang mengajak para peserta menyanyikan lagu berhitung dengan berbagai gaya.
Pelatihan Metode Uswah dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh KAWAN Nisa yang dimulai pukul 10.30 WIB. Sesi ini mengenalkan kepala sekolah mengenai alasan hadirnya Metode Uswah. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengenali definisi Metode Uswah, beserta Kriteria dan Indikatornya. Dalam pengenalan tersebut, pemateri mengajak peserta belajar sambil bermain-main.
“Siapa saya? Kepala sekolah hebat. Bagaimana saya? Bersemangat. Ngapain kita hari ini? Bersenang-senang”.
Begitulah sesi dua dimulai. Sesi ini dibawakan oleh KAWAN Luthfia. Peserta diajak untuk mengenali butir-butir yang ada dalam Metode Uswah. Pemateri mengajak peserta untuk memilah butir-butir ke dalam indikator. Lagi-lagi, materi dibawakan dengan berbagai permainan yang cukup membuat semangat kepala sekolah kembali berkobar meski hari sudah siang.
“Harapannya, materi-materi yang telah didapatkan hari ini dapat kita terapkan di sekolah masing-masing”.
Begitulah kesan dari ibu Sri Muliana. Metode Uswah memberikan gambaran kepada sekolah mengenai langkah yang perlu dilakukan dalam membenahi sekolahnya. Tiga lingkup yang perlu kepala sekolah perbaiki, yaitu Kepemimpinan, Sistem Pembelajaran, dan Budaya Sekolah. Ketiga lingkup tersebut yang mampu membantu kepala sekolah dalam mengambil langkah cerdas untuk meningkatkan performa sekolah.

Komentar

komentar