Karakteristik SDM yang Banyak Dibutuhkan Industri Saat Ini, Menurut GM Astra Otoparts

Plant and Engineering General Manager PT. Astra Otoparts Tbk., Fadli Hari Purnomo mengungkapkan, ada dua hal yang menjadi penyebab perubahan besar yang kita rasakan pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Dua hal itu adalah pertama, teknologi digitalisasi manufacturing, dan kedua, tekanan pasar dimana masyarakat semakin melek teknologi.

“Maka diperlukan sumber daya manusia yang siap untuk menjawab kedua tantangan tersebut,” lanjut Fadli. Pada akhirnya, inilah yang menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk mencetak sarjana-sarjana baru berkualitas seperti yang diungkapkan Fadli.

Fadli juga menjelaskan karakteristik revolusi industri keempat ini. Hal yang menandai terjadinya Revolusi Industri 4.0 adalah ketika adanya digitalisasi data. Itulah mengapa saat ini klasifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan adalah mereka yang memiliki literasi digital yang baik. “Tantangan saat ini adalah mencari SDM yang siap menjawab kebutuhan industri berbasis ICT dan pasar yang melek teknologi,” demikian ungkapnya.

Hal tersebut disampaikan Fadli selaku salah satu pembicara dalam talkshow NGOPI (Ngobrol Pendidikan Indonesia) yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Pendidikan. Acara ini dilaksanakan pada Jum’at malam (19/10) di coffee house Warunkomando yang terletak di sekitaran Tebet, Jakarta Selatan.

Fadli diundang untuk memberikan perspektifnya dari sisi pelaku industri. Hadir pula Drajat Martianto, Wakil Rektor I IPB Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan yang memaparkan dari sisi akademisi. Pembicara ketiga adalah Purwa Udiutomo, General Manager Sekolah Kepemimpinan Bangsa Dompet Dhuafa Pendidikan dari sisi praktisi pendidikan. Ketiganya memberikan paparan dalam diskusi terkait fenomena banyaknya pengangguran bergelar sarjana, dan bagaimana solusi yang dapat diberikan dari latar belakang masing-masing pembicara.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044