Jikra Pencetus “Meja Bernama”

Setiap siswa memiliki kreativitas yang berbeda, perbedaan itu pula yang kadang tidak dipahami oleh sebagian guru maupun orangtua sehingga siswa kurang percaya diri akan kemampuan yang ia miliki. Berbeda dengan siswa yang saya temui di SDN Inpres Tenga, salah satu sekolah binaan Sekolah Literasi Indonesia, Dompet Dhuafa. Sebut saja Jikra haura, siswa kelas V  yang memiliki ide-ide yang sangat luar biasa dalam menata ruang kelasnya. Kunjungan saya pada hari Senin, 20 Januari 2019 di SDN Inpres Pandai, seperti biasa setiap kali berkunjung saya melihat suasana masing-masing kelas dan sampailah saya pada kelas V dimana ketika memasuki kelas tersebut ada yang menarik perhatian saya yaitu setiap meja ditulis nama siswa, lalu saya bertanya kepada guru kelas

“Ibu guru yang membuat ini ?”

lalu guru tersebut menjawab

“Bukan ibu Tia, tapi Jikra siswa saya yang memiliki ide ini”

Hal itu sontak membuat saya kaget. Sayapun menanyakan lebih jelasnya kepada guru kelas V dan guru tersebut menjelaskan bahwa Jikra mengajak teman-temannya untuk menuliskan nama mereka dimeja mereka masing-masing diatas kertas lalu ditempel. Tujuanya agar guru lebih mengenal nama setiap siswanya dan tidak ada siswa yang berpindah-pindah tempat duduk, jadi harus duduk dimejanya.            

Mendengar cerita guru kelas V, saya ingin mengenal Jikra lebih banyak lagi sebab saya melihat potensi Jikra sangat luar biasa dalam mengajak teman-temannya untuk ikt berpartisipasi dan juga ide yang ia miliki langsung ia terapkan dalam lingkungan kelasnya. Semoga masih banyak lagi siswa-siswa seperti Jikra yang memiliki ide, kreativitas dan tidak malu untuk mengekplorasikan ide tersebut dan sebagai guru dan orangtua patut menjadi fasilitator dalam mendukung setiap kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh setiap anak.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044