Literasi di Desa JABI

Inilah Cara KAWAN SLI Populerkan Literasi di Jabi

Mempopulerkan literasi bisa dilakukan dengan berbagai cara kreatif. Seperti yang dilakukan Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia penempatan Bengkulu Utara yang mendesain kegiatan literasi dengan berbagai macam hal-hal yang sangat menyenangkan dan tentunya memberikan berbagai macam edukasi tentang literasi.

Acara ini diberi nama “Bangun Jabi Dengan Berliterasi” dan digelar di SDN 227 Bengkulu Utara pada bulan kemarin. Kegiatan Pesta Literasi ini merupakan salah satu upaya dari Kawan SLI untuk terus menyebarluaskan semangat berliterasi di sekolah dan juga masyarakat Desa Jabi.

Berbagai kegiatan dan lomba yang telah digelar dalam pesta literasi ini diantaranya ada literasi alam dimana guru dan siswa mengeksplor desa Jabi dan menuruni puncak Muarapuyan yang begitu eksotis di desa jabi ini. Selain itu terdapat pula beberapa cabang lomba yang menambah semarak pesta literasi di SDN 227 Bengkulu Utara ini, lomba tersebut diperuntukan untuk siswa dan guru SDN 227 Bengkulu Utara. Cabang lomba yang diikuti oleh siswa adalah, lomba menggambar, lomba baca puisi, lomba menulis cerpen, dan lomba siapa berani. Sedangkan lomba yang diikuti oleh para guru adalah lomba mendongeng dan lomba membuat pohon literasi.

Selain mendapatkan berbagai pengetahuan terkait literasi, pesta literasi ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh sekolah, sehingga siswa dan guru begitu antusias dalam melaksanakannya. Lebih hebatnya lagi kegiatan ini diselenggarakan pada hari libur sekolah “ Saya bangga dapat melihat guru dan siswa bahagia saling bekerjasama satu sama lain selain dari pada itu dengan adanya pesta literasi ini saya berharap mampu memberikan pengetahuan kepada anak-anak sebelum mereka libur panjang” ujar Ibu Chusnul selaku Kepala Sekolah SDN 227 Bengkulu Utara.

Pesta Literasi dapat terselengara berkat adanya dukungan dan kerja sama dari Kepala Sekolah, Guru serta Kawan SLI. Dengan adanya  pesta literasi ini diharapkan, mampu memberikan dampak positif baik bagi para guru dan para siswa dalam berliterasi sehingga kelak dapat tercipta guru yang literat dan juga siswa yang literat pula agar kelak kedepannya desa Jabi ini semakin berkembang.

Komentar

komentar