Guru

Dari zaman Adam sampai zaman Edan, orang sudah mengetahui bahwa “Guru” merupakan singkatan dari “digugu” dan “ditiru”, atau sekarang dicari lagi kepanjangan yang lebih keren yaitu “Guna Untuk Rakyat Umum”. Namun, pernahkah anda mendengar kepanjangan Guru menjadi “Guyonan Untuk Rakyat Umum”?. Yups… Guyonan. Tak ayal disetiap hari diberbagai media kita selalu disuguhi guyonan yang mampu mengocok perut kita.

Bagaimana cara kepanjangan kata “Guru” tersebut  mampu mengocok perut kita ?. hal ini dapat kita temui dari kegiatan dan keseharian  para guru, antara lain adalah :

  • Dalam pelatihan sepuluh hari, guru sudah dianggap guru profesional yang mampu membangkitkan mutu pendidikan.
  • Guru selalu disuguhi dengan berbagai macam administrasi yang padat sehingga lupa kewajiban utamanya untuk mendidik anak bangsa.
  • Dengan uang sertifikasi gaya hidup seorang guru bisa berubah tapi lupa dengan metode yang tepat untuk mendidik anak-anak bangsa.

Seandainya para guru sadar mengenai kewajibannya sebagai seorang guru, maka guru yang profesioanl itu bukanlah guru yang hanya mengikuti pelatihan sepuluh hari untuk menjadi profesional, guru yang benar-benar profesional itu tidaklah memerlukan sertifikasi untuk menjadi profesional.Masihkah Guru di kenang dengan “pahlawan tanpa tanda jasa” atau sekarang sudah berubah menjadi Guru Adalah “Pahlawan Dengan Tanda Jasa”?.

“Kullukum Ro’in wa kullukum mas’ulun ‘an ro’iyatihi”. Setiap manusia adalah pemimpin dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin.

Setiap manusia kelak akan dimintai pertanggung jawaban atas perbuatannya. Apakah dengan sertifikasi kita benar-benar sudah siap mempertanggung jawabkan perbuatan kita?. Marilah kita jawab dalam hati kita masing-masing !.

Penulis merupakan Wali Kelas VI SDN 060932 Bangun Mulia, Medan Amplas

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044