Enam Tradisi yang Bisa Makmalian Temui Jelang Ramadan

Banyak hal unik bisa kita temukan jelang Ramadan tiba, salah banyaknya ialah tradisi sambut Ramadan diberbagai penjuru tanah air. Supaya kamu gak penasaran yuk intip enam tradisi unik jelang Ramadan di Indonesia.

 

  1. Munggahan

Yang dari Jawa Barat pasti sudah akrab sekali sama tradisi munggahan. Biasanya tradisi ini dilakukan dua minggu Ramadan datang. Selama munggahan berlangsung teman, kerabat, tetangga, saling meminta maaf untuk mempersiapkan diri menuju bulan suci penuh berkah.

 

 

  1. Megibung

Meski rata-rata beragama Hindu, tetapi ternyata masyarakat Bali punya tradisi jelang Ramadan unik bernama Megibung. Selama setahun sekali masyarakat Bali berkumpul dan makan bersama dalam satu jamuan makan dengan satu porsi nasi dan lauk pauk dan dimakan sekitar 4-7 orang.

 

 

  1. Padusan

Beda lagi dengan masyarakat Boyolali, menyambut Ramadan mereka melakukan tradisi Padusan alias beramai-ramai mendatangi air terjun atau sumber air lainnya lalu berendam, konon air bisa menyucikan diri sebelum masuk ke bulan puasa.

 

 

  1. Jalur Pacu

Menjelang bulan puasa masyarakat Riau akan bersiap-siap melihat perlombaan dayung (Jalur Pacu). Perlombaan ini akan diakhiri dengan tardisi Balimau Kasai yang punya arti bersuci menjelang matahari terbenam sampai malam.

 

 

  1. Nyorog

Berbeda dengan masyarakat di Jawa Barat, orang Betawi punya tradisi Nyorog dengan membagikan bingkisan ke anggota keluarga atau tetangga. Biasanya dilakukan orang yang lebih muda ke orang yang usiannya lebih tua. Tujuannya adalah untuk meminta restu kelancaran ibadah puasa selama satu bulan.

 

 

  1. Malamang

Serunya tradisi jelang Ramadan di Minangkabau, Sumatra Barat, karena biasanya masyarakat beramai-ramai membuat lamang atau lemang yang terbuat dari ketan lalu disantap bersama.

Komentar

komentar