Duta Gemari Baca Terpilih Menjadi Finalis Duta Bahasa Provinsi Banten

Duta Gemari Baca Terpilih Menjadi Finalis Duta Bahasa Provinsi Banten

BOGOR-Acep Lukman Nul Hakim, salah satu Duta Gemari Baca Batch 4 Dompet Dhuafa Pendidikan terpilih menjadi Finalis Duta Bahasa Provinsi Banten 2019. Pada ajang tersebut, Acep hadir sebagai perwakilan dari delegasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pemilihan Duta Bahasa ini berlangsung pada Sabtu-Minggu (15-16/6) di Hotel Puri Kayana Kota Serang.

Pemilihan Duta Bahasa Banten merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Banten. Duta Bahasa yang terpilih diharapkan mampu menjadi pelopor pengutamaan Bahasa Indonesia di ruang publik. Selain itu, dapat memberikan kampanye literasi dan pelestarian bahasa daerah. Hal ini selaras dengan apa yang Acep lakukan selama berperan sebagai Duta Gemari Baca untuk Dompet Dhuafa Pendidikan.

Duta Bahasa dipilih setelah melalui beberapa tahap seleksi. Pertama, pada tahap seleksi administratif, terpilih 40 finalis dari 200 lebih peserta. Tahapan selanjutnya terdiri dari Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Wawasan Budaya Banten, Uji Wawasan Kebahasaan, Uji Wawasan Berbahasa Asing, Tes Wawancara, Presentasi Program Kebahasaan, serta Unjuk Bakat.

Tahun ini, Acep Lukman berhasil tembus ke babak lima besar. “Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan dengan mengikuti ajang ini. Saya juga bersyukur sekali dapat memiliki teman-teman satu frekuensi literasi. Serta perjuangan saat memasuki 10 besar hingga 5 besar, sungguh sangat berkesan buat saya. Harapan saya, kegiatan ini dapat memupuk kecintaan kita terhadap dunia literasi dan bahasa,” ungkap Acep.

Selamat ya Acep atas prestasi yang telah diraih! Semoga di masa mendatang Acep dapat meraih kesuksesan dan senantiasa menebar kebaikan juga kemanfaatan. Aamiin.

Komentar

komentar