Duta Gemari Baca 5, Literaksi : Bukan Sekadar Narasi

Tentu kamu pernah dengar tentang survei yang dilakukan oleh Central Connecticut State University (CCSU) yang menyatakan bahwa tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara (Most Literate Nation, 2016). Sedangkan UNESCO mengatakan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,1% atau dengan kata lain dari 1000 orang hanya 1 yang membaca. Realita ini menunjukkan masih rendahnya budaya literat masyarakat Indonesia secara komprehensif. Penyelesaian bagi permasalahan ini tentu bukan hanya menjadi tanggung jawab stakeholder pendidikan, dibutuhkan peran strategis dari setiap warga negara untuk menumbuhkan kesadaran literasi di masyarakat, tak terkecuali bagi pemuda.

Bertumbuhnya gerakan kerelawanan di Indonesia yang banyak digawangi oleh pemuda rasanya menjadi oase di balik realita rendahnya tingkat literasi di Indonesia ini. Pun di bidang literasi  pemuda sebagai agen perubahan memiliki potensi besar dalam tranfer pendidikan literasi di masyarakat.

Demi memperluas kebermanfaatan dalam memberikan aksesibilitas terhadap kegiatan literasi di berbagai daerah, Jaringan Literasi melalui Duta Gemari Baca hadir untuk mendukung peran pemuda dalam upaya menebarkan semangat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat dengan meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam bidang literasi.

Duta Gemari Baca batch 5 dengan tajuk “Literaksi : Bukan Sekadar Narasi” menjadi wujud aksi nyata pemuda dalam turut berkontribusi dalam meningkatkan minat dan budaya masyarakat Indonesia. Anak-anak muda yang telah mendapatkan pengembangan kapasitas literasi dari Dompet Dhuafa diharapkan mampu menjadi duta-duta yang akan membawa gerakan gemari baca di daerah masing-masing. Oleh karena itu, penguatan di bidang literasi diberikan sebagai bekal bagi masing-masing duta dalam menjalankan perannya dalam mengembangkan literasi di masyarakat.

Selama tiga hari Duta Gemari Baca akan mendapatkan pelatihan intensif yang akan membangun kesadaran, penanaman nilai, enggagement dan keterampilan bidang literasi. Berbagai materi dengan pembicara yang kompeten di bidangnya menjadi kesempatan dalam mengembangkan potensi masing-masing duta, baik di bidang kepenulisan, fun literacy, maupun pengembangan jaringan. Dengan bekal-bekal ini Duta akan membangun inovasi gerakan literasi di daerahnya yang harapannya mampu mendekatkan aksesibilitas literasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Yuk, wujudkan aksi nyatamu dengan bergabung menjadi Duta Gemari Baca di http://bit.ly/DutaGemariBaca5

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044