Peluncuran Program Kemitraan dan Hibah Inovasi.

Dompet Dhuafa Pendidikan Hadir dalam Peluncuran Program Kemitraan dan Hibah Inovasi

Kegiatan “Peluncuran Program Kemitraan dan Hibah INOVASI” merupakan kegiatan yang yang mempertemukan pihak-pihak / stakeholder yang terlibat dalam Program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) dan didalamnya terdapat acara simbolis Peluncuran Program. Pihak-pihak yang terlibat diantaranya adalah Kemendikbud, Kemendagri, Kemenag, Pengurus INOVASI, Kedubes Australia, Pemda dari 4 (empat) provinsi sasaran program, dan 17 Mitra sebagai pelaksana program INOVASI salah satu diantaranya Dompet Dhuafa Pendidikan. Acara ini berlangsung di Hotel JW Marriot Surabaya dari tanggal 7-9 November 2018.

 

Menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan pembacaan Do’a mengawali kegiatan ini di hari pertama. Sambutan dan arahan dari Direktur Program INOVASI Bapak Mark Heyward serta Konsulat Jenderal Australia Bapak Chris Barnes turut membuat seluruh peserta berantusias mengikuti kegiatan. Setiap Mitra pada hari pertama menyampaikan secara singkat Program Kemitraan INOVASI yang dilakukan pada masing-masing Kabupaten di Provinsi terpilih. Provinsi yang terpilih sebagai sasaran program adalah NTT, NTB, Kaltara dan Jawa Timur. Setiap Mitra menyampaikan program dengan cara yang berbeda-beda, seperti menampilkan drama, menampilkan video, presentasi slide, dan ada pula yang memperagakan cara mengajar kepada siswa. Kegiatan juga dimeriahkan oleh penampilan drama yang partisipannya adalah siswa-siswi SDN 2 Gelam Sidoarjo.

 

Antusias dan respon dari peserta terus bertambah ketika Dialog Interaktif “Kemitraan antara Pemerintah dengan LSM/LPTK untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar” dilaksanakan. Panelis dan Moderator yang mengisi acara merupakan orang-orang hebat dan tentunya sudah berpengalaman dan berkecimpung di dunia pendidikan.

 

Di hari kedua, seluruh peserta diberikan wawasan dan pengetahuan lebih lagi dengan adanya penyampaian materi “Kemitraan dalam Memperkokoh Demokrasi” yang dibawakan oleh Pendiri dan Anggota Dewan Nasional FITRA). Acara dilanjutkan dengan kegiatan diskusi kelompok kecil yaitu antara Pemda dan Mitra yang digabi ke dalam 3 (tiga) kelompok. Tema yang dibahas adalah “Peran LSM/LPTK dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia”. Dalam diskusi kecil ini, setiap kelompok diarahkan untuk dapat memecahkan dan mencarikan solusi untuk poin masalah yang diberikan. Hasil dari diskusi tersebut kemudian disampaikan pada diskusi kelompok besar, yaitu seluruh peserta. Pada akhir sesi, seluruh peserta menyepakati akan beberapa poin yang menjadi solusi dari permasalahan yang diberikan.

 

Sebagai kegiatan penutup di hari kedua, diadakanlah pertemuan dan diskusi antara Pemda masing-masing provinsi dan Mitra yang melaksanakan program di provinsi tersebut. Pemaparan program dari Mitra, tanya jawab dan diskusi menjadi rangkaian acara yang pada akhirnya setiap Mitra dan Pemda dapat mengetahui program satu sama lain dan saling memberi masukan dengan harapan program dapat berjalan dengan baik.

 

Hari ketiga sebagai penutup rangkaian kegiatan “Peluncuran Program Kemitraan dan Hibah INOVASI” diisi oleh adanya diskusi lebih mendalam antara pihak INOVASI dengan mitra-mitra pelaksana program. Adapun konten yang didiskusikan adalah terkait isu implementasi di lapangan seperti perihal Keuangan (Finance), Procurement, Komunikasi, MERL dan lain-lain. Rangkaian penutup acara dilengkapi oleh adanya foto bersama seluruh Mitra dan pihak INOVASI.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044