Doa untuk Noverdi Anugrah Ramadhan saat mengikuti lomba OSN

Pada tanggal 09 April 2013, saya mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan bidang Matematika yang diselenggarakan di Asrama Haji Banjarbaru. Sebelum sampai ke tingkat provinsi, saya dan teman saya mewakili SDN 06 terlebih dahulu mengikuti seleksi tingkat kecamatan yang diselenggarakan di Sungai Cuka.

Kemudian saya lolos mewakili Kecamatan Satui ke tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang diselenggarakan di Pagatan pada tanggal 13 Maret 2013. Setelah itu saya kembali lolos mewakili kabupaten Tanah Bumbu ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Dan pada tanggal 08 April 2013 saya berangkat ke Banjarbaru.

Malam itu pada tanggal 07 April 2013 setelah shalat Maghrib saya dibantu mama mempersiapkan perlengkapan untuk dibawa ke Banjarbaru keesokan harinya, setelah semua persiapan selesai, saya menyempatkan diri mempelajari beberapa materi yang telah diajarkan ibu Rusdiani dan ibu Tuti dan setelah itu saya pergi tidur sembari berdoa semoga acara esok hari berjalan lancar.

Pagi hari pukul 09.00 setelah sebelumnya meminta restu kepada bapak lewat telpon (karena bapak sedang bekerja pada saat itu), saya, teman-teman dari sekolah dasar lain dan guru-guru pedamping berkumpul di SDN 01 Sungai Danau untuk menunggu jemputan dari pihak kabupaten, mama saya menyusul setelah beberapa jam kemudian. Jam 13.00 kami berangkat menuju Banjarbaru tepatnya ke asrama haji, waktu tempuh dari Sungai Danau ke banjarbaru kurang lebih 4jam, dan kalau tidak salah kami tiba di tempat tujuan pukul 16.30 karena saya mengalami mabuk darat selama perjalanan jadi saya tidak begitu ingat jam pasti katangan kami.

Malam hari nya diadakan acara pengayaan dimulai dari jam 20.00 – 22.00 , disana kami semua diajarkan cara mengembangkan nalar dan cara menghadapi soal-soal matematika dengan santai tanpa ketegangan oleh pembicara, tapi pembicara tidak hanya mengajarkan hal-hal yang berhubungan dengan olimpiade matematika, beliau juga memaparkan hal-hal lucu dan memberi kami lagu diakhir acara pengayaan, mungkin itu semua dimaksudkan agar kami bisa lebih santai untuk menghadapai acara olimpiade matematika keesokan harinya. Lagu yang diberikan beliau berbunyi seperi ini

Satu anak pergi, pergi potong rumput
Satu anak pergi sama kambing potong rumput
(setelah itu dengan ritme agak cepat)
Dua anak pergi, pergi potong rumput
Dua, satu anak pergi sama kambing potong rumput
(ritme lebih cepat)
Tiga anak pergi, pergi potong rumput
Tiga, dua, satu anak pergi sama kambing potong rumput
Dan seterusnya……

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba juga, pukul 08.00 seluruh peserta berkumpul di auditorium asrama haji, seluruh siswa dari berbagai sekolah berkumpul disana, walaupun saya datang dari SD Negeri kecil disebuah kecamatan, hal itu tidak membuat saya gentar untuk memberikan yang terbaik di olimpiade terseebut. Tepat pukul 09.00 acara sesungguh nya benar-benar dimulai, guru pendamping dan orang tua yang datang dipersilahkan keluar oleh pihak panitia, jadi yang tersisa hanya kami para peserta pada waktu itu.

Kami punya waktu 1jam untuk mengerjakan 20 soal matematika,1 jam berselang, kami dipersilahkan istirahat selama 30menit, dan kembali lagi keruangan untuk kembali mengerjakan 8 soal dengan waktu yang sama yaitu 1jam.

Saya keluar ruangan dengan mata yang agak memerah karena soal yang diberikan cukup sulit,seperti yang diinformasikan panitia soal tersebut merupakan soal materi SMP.
Kami makan siang pukul 11.30 dan setelah sholat dzuhur kami semua bergegas pulang, tapi sebelumnya kami menyempatkan pergi ke Q-Mall untuk sekedar menyegarkan pikiran. Dalam perjalan pulang saya sempatkan membeli oleh-oleh buah naga di pelaihari, dan pada sore hari kami sampai disungai danau. Dan mengucapkan salam perpisahan kepada beberapa teman yang melanjutkan perjalanan ke Batulicin.
Saya mohon doa nya bagi teman-teman agar saya bisa mendapatkan juara atas acara olimpiade matematika ini dan dapat masuk ketingkat nasional. AMIN
penulis adalah siswa sekolah dampingan Makmal Pendidikan (SDN 01 Sungai Danau)

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.