Dinding Sekolah Ku Bukan Dari Tembok

Pendampingan Sekolah Literasi Indonesia di kabupaten Konawe Selatan, Kecamatan Tinanggea terdiri dari 5 sekolah. Salah satunya adalah MI Raudhatul Jannah yang terletak di desa Bomba-bomba. MI Raudahtul Jannah sudah berdiri sejak 12 tahun yang lalu, dibina oleh bapak Imanuddin sekaligus menjadi kepala yayasan dan kepala sekolah tersebut.

MI Raudhatul Jannah terdiri dari 5 guru yang aktif yang tiap hari datang ke sekolah, 1 orang kepala sekolah, dan 1 orang “Guru jam terbang” yang hanya beberapa hari di sekolah. Kepala sekolah MI Raudhatul Jannah tidak hanya bertugas mengelola sekolah, tetapi sebagai pengajar sekaligus wali kelas. Hal ini dikarenakan secara administrasi MI Raudhatul gurunya sanagt minim. Tentu ini bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah saja, tetapi juga elemen yang ada di sekolah tersebut misalnya guru maupun dinas pendidikan setempat.

Tidak saja kekurangan guru, MI Raudhatul Jannah juga kekurangan sarana dan prasarana sekolah seperti : bangunan sekolah baik, ruangan kelas maupun perpustakaan sekolah yang layak, dan nyaman bagi peserta didik untuk belajar. Tidak sesempurna sekolah lain yang berlandaskan tembok dengan ruang yang besar, MI Raudhatul Jannah hanya dilandasi bangunan kayu. Walaupun seperti itu, MI Raudhatul Jannah mempuyai sumber daya manusianya yang bagus seperti guru-guru yang memiliki semangat rasa memiliki terhadap sekolah yang kuat. Bagi guru-guru disana yang menjadi hal terpenting bagi mereka adalah semangat peserta didik yang mau belajar.

(Piska Yunita, Kawan SLI Angkatan 2 Penempatan Konawe Selatan)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044