Di Penghujung Ramadan, Bulan Bagi Mereka yang Berjuang

Di Penghujung Ramadan, Bulan Bagi Mereka yang Berjuang

Oleh Citra Amalia

Anggota Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) Makmal Pendidikan

 

Ramadan. Bulan ujian namun penuh hikmah, bulan penuh semangat pantang mundur, bulan yang (se)harus(nya) membuat kita semakin aktif dan produktif. Ramadan tahun ini saya bertekad kuat agar semangat Ramadan merasuk diri, sehingga saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun kemarin, dan saya berharap bisa menjadi pribadi bermanfaat bagi orang lain terutama dalam ranah pendidikan.

Banyak puasa telah saya lewati, ragam pengalaman telah saya rasakan; dari yang pahit hingga manis; baik suka maupun duka semua saya jalani dengan sepenuh hati. Namun ada satu pengalaman yang terus terngiang di kepala, sebuah pengalaman berharga penuh hikmah di mana saat itu saya berada dalam masa akhir kuliah. Saya yang saat itu sibuk mengurus ini itu di kampus dituntut untuk terus berinovasi dan berkembang di tempat saya mengajar. Alhamdulillah semangat juang saya tinggi sehingga saya tak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti berbagai seminar dan lomba-lomba pendidikan. Apakah lolos? Tidak selalu. Apakah menang? Belum tentu. Namun apakah saya menyerah? Oh, tentu saja tidak. Justru kegagalan demi kegagalan yang saya lewati membuat diri ini semakin mantap untuk terus mencoba.

Pantang bagi saya untuk menyerah, walau tenaga dan pikiran harus dikerahkan secara maksimal namun demi masa depan pendidikan yang lebih baik saya terus berusaha. Saya terus berjuang menyelaraskan jadwal kuliah dan aktivitas mengajar saya, di sisi lain saya juga harus mengikuti bermacam kegiatan baik lokal hingga interlokal, pun semua saya lalui dengan semangat. Lagi, semua kegagalan dan penolakan menjadi pecut penyemangat serta menjadi hal yang biasa saya rasakan. Hanya keyakinan untuk menggapai mimpi yang saya pegang saat itu. Saya percaya bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil, setelah jatuh bangun akhirnya semua usaha saya berbuah manis, perlombaan yang saya ikuti mulai menuai beragam penghargaan, kuliah saya tak terbengkalai dan saya lulus dengan nilai memuaskan. Betapa seluruh perjuangan tersebut sepadan. Sangat sepadan. Terlebih saat itu Ramadan, rasanya tak percaya jika saya mampu mekewati semuanya dengan baik, sungguh Allah Maha Besar.

Saya juga bersyukur karena tergabung di Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) bentukan Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan, di sana saya belajar banyak mengenai cara membuat media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan minat siswa saya di sekolah. Bukan itu saja, kemampuan saya dalam berkreasi juga digembleng, diasah, dan hebatnya pembinaannya dilakukan secara berkala. Sungguh sebuah komunitas luar biasa, di KOMED saya juga bisa bertukar pikiran dengan guru serta kepala sekolah dari berbagai sekolah di Jabodetabek.  Pengalaman saya di KOMED membuka banyak kesempatan Alhamdulillah.

Memang betul jika Albert Einstein berkata “The only source of knowledge is experience”, semoga kita menjadi guru-guru yang tidak menyerah dalam memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswanya, dan tentunya menjadi guru yang tidak berhenti mencari ilmu sebagaimana firman Allah dalam surat Al Mujadilah ayat 11 “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang yang berilmu beberapa derajat”.

***

Mari bergabung dan bergandengan tangan bersama Dompet Dhuafa Pendidikan untuk menyalakan pelita harapan anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi melalui program-program pendidikan berkualitas. Salurkan zakat, infak, dan sedekahmu melalui nomor rekening: 2881 2881 26 BNI Syariah a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

 

 

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044