Dari Budaya Untuk Bangsa

Makmal Pendidkan adalah satu Jejaring Dompet Dhuafa yang fokus pada upaya pengembangan pendidikan melalui riset, advokasi, konsultasi, pelatihan dan pendampingan, serta pengembangan sumber belajar dan inovasi produk pendidikan. Makmal Pendidikan membawahi dua departemen program, yaitu Laboratorium Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (PKP). SIDEC (Silat Development Center) sendiri merupakan Divisi dari Program Laboratorium Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP).

Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa melalui SIDEC, akan menggelar Seminar Nasional Pencak Silat Indonesia dengan mengusung tema “Dari Budaya Untuk Bangsa” yang bekerja sama denganTapak Suci Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ). Acara tersebut akan dihelat pada hari Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Auditorium FT UMJ , Jln. Cempaka Putih Tengah No. 27.

Seminar ini menghadirkan empat pembicara yaitu Prof. Dr. Edi Sedyawati selaku Tokoh Budaya Nasional dengan mengangkat Materi “Integrasi Budaya dengan Pencak Silat”. Pembicara yang kedua menghadirkan Jenderal TNI Dr. Moeldoko selaku Panglima Mabes TNI dengan  mengangkat Materi “Strategi Bela Negara dengan Pencak Silat”. Pembicara yang ketiga menghadirkan Mayjen (Purn). Dr. Eddie M. Nalapraya selaku Mantan Ketua Umum PB IPSI dan PERSILAT dengan mengangkat Materi “Memanusiakan Pencaksilat”, dan pembicara yang keempat menghadirkan Dr. Ir. Muhammad Taufiq, Msc. selaku Staff Ahli Menteri Koperasi dan UKM  dengan mengangkat Materi “Ekonomi Kreatif dengan Pencak Silat”

Turut hadir juga Aktor Pencak Silat Indonesia Iko Uwais yang akan mengisi Talk Show dalam acara tersebut. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memasyarakatkan pencak  silat serta mendorong adanya peraturan yang melindungi kelangsungan pencak silat, menggambil peluang dari budaya pencak silat untuk memajukan perekonomian masyarakat. selain itu juga mendukung sekaligus menggawang gerakan untuk pendaftaran pencak silat ke UNESCO dan dipertandingkan ke OLIMPIADE.

Harapan kedepan nanti dengan diadakannya acara ini adalah panitia akan membentuk satu perkumpulan pencak silat untuk memajukan dan mengembangkan pencak silat, membentuk satu kesatuan pencak silat guna mempertahankan pusaka Indonesia yang lambat laun semakin punah, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melestarikan budaya Indonesia terutama Pencak Silat, dan membuat nota kesepahaman tertulis dari pihak-pihak yang terkait  untuk mendukung sekaligus menggawang gerakan untuk pendaftaran pencak silat ke UNESCO dan dipertandingkan ke OLIMPIADE.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044