Celoteh Bintang Kecil di Langit Jampang

Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan Divisi dari Program Peningkatan Kualitas Pendidikan (PKP). Pusat Sumber Belajar (PSB) didesain untuk mengelola semua sumber yang dapat digunakan dalam belajar, baik dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk mengorganisasi program dan gerakan yang dapat mengoptimalkan pembelajaran.

Pusat Sumber Belajar Makmal Pendidikan pada hari Kamis 17 April 2014 telah mengirimkan 180 eksemplar buku hasil dari kegiatan “Sanggar Literasi” yang telah berjalan di tahun 2013 kepada Sekolah dampingan Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa. Hal ini merupakan Pogram rutin Makmal Pendidikan dalam menyemai bahan bacaan ke beberapa daerah yang masih kekurangan buku bacaan.

Buku ini merupakan kumpulan dari celotehan anak Indonesia, yang penuh keluguan dan kelucuan bercerita tentang petualangannya di dunia “bocah”. Ada komentar lucu yang keluar disana, karena mereka tidak suka akan kondisi lingkungan yang tidak bersahabat, ada juga ide-ide spontan yang muncul lantaran ada permasalahan ruwet yang sulit diselesaikan, serta berbabagi cita-cita dan harapan anak-anak “kampung” yang bersemangat untuk kehidupan yang lebih baik. Buku ini cukup unik, ceria dan inspiratif.

Disajikan dengan bahasa yang ringan dan polos khas anak-anak, buku ini seolah sebagai pelepas dahaga atas kondisi carut marutnya budaya literasi anak di negeri ini. Ditengah maraknya kemunculan buku-buku roman picisan yang dijadikan bahan bacaan oleh anak, buku ini berupaya mengembalikan mereka pada dunianya yang  identik dengan cerita ceria, kaya akan celoteh yang polos dan jenaka, serta penuh ide-ide spontan yang lucu. Walaupun jauh dari kata sempurna, semoga dapat memberikan setitik harapan atas upaya pembenahan kemampuan literasi anak Indoensia.

Sekolah yang akan mendapatkan donasi buku ini berada di 3 wilayah, diantaranya adalah : SDN Sui Kakap (Kal-Bar), SDN 63 Sungai Raya (Kal-Bar), SDN Aik Kangkung (NTB), SDN Jorak Tirair (NTB), SDN Santap Mantar (NTB), SDN 06 Rasau Jaya (Kal-Bar), SDN 004 Sei Menggaris (Kal-Ut), SDN 6 Batu Ampar (Kal-Bar), SDN 30 Kertasari (NTB), SDN Rarak (NTB), SDN 003 Sei Menggaris (Kal-Ut), SDN 007 Tulin Onsoi (Kal-Ut), SDN 002 Sebatik (Kal-Ut), SDN 006 Sebatik Tengah (Kal-Ut), SDN 21 Kuala Mandor B (Kal-Bar), SDN La Muntet (NTB), SDN 001 Sebuku (Kal-Ut), SDN 25 Teluk Pakedai (Kal-Bar).

{fcomment}

Komentar

komentar