Kawan Fajar (Tingkatkan Minat Baca Siswa MI Al-Azhar Saumlaki)

Cara Tingkatkan Minat Baca Siswa

Di era millenial ini, buku masih menjadi salah satu sumber penting dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Walaupun sebenarnya ilmu pengetahuan sudah dapat diakses melalui berbagai media khususnya internet, namun hal ini tidak cukup mudah dirasakan oleh siswa-siswi MI Al-Azhar Saumlaki. Daerah Saumlaki yang notabene ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat masih kesusahan dalam mendapatkan akses jaringan internet. Di Saumlaki, jaringan internet bisa diakses dengan lancar hanya pada saat-saat tertentu, setelah Shubuh misalnya. Selain itu, ketiadaan buku bacaan di sekolah juga menjadi faktor utama kurangnya minat baca siswa MI Al-Azhar Saumlaki.

Melihat kondisi yang ada, bulan pertama saya ditugaskan di MI Al-Azhar Saumlaki, saya berkoordinasi dengan Kepala Madrasah untuk mengumpulkan buku-buku pelajaran yang tercecer di kelas-kelas. Setelah dikumpulkan dan dirapikan, terdapat satu kardus buku pelajaran. Alhamdulillah, dengan adanya buku-buku pelajaran ini, siswa-siswi MI Al-Azhar Saumlaki mulai termotivasi untuk membaca. Ketika baru datang di sekolah, sebelum pembelajaran dimulai, dan ketika jam istirahat menjadi waktu-waktu yang disediakan mereka untuk membaca.

Dari kegiatan yang mereka lakukan, saya merasa bahwa ketersediaan buku masih sangat diperlukan di sekolah-sekolah yang jaraknya ribuan kilometer dari ibukota Jakarta. Buku-buku yang menarik menjadi rebutan di antara siswa. Hal ini terbukti ketika saya membawa sebuah buku ensiklopedia Bumi dan Tata Surya. Buku tersebut menjadi rebutan, tiap tiba di sekolah, jam istirahat, dan jam pelajaran kosong, ada beberapa siswa yang mendatangi dan meminta izin, “Pak Guru, boleh saya pinjam bukunya?” Dengan demikian, saya mengambil kesimpulan bahwa buku masih jadi sumber belajar utama di sini.

Untuk memfasilitasi mereka agar lebih mudah mendapatkan akses terhadap ilmu pengetahuan, sejak awal November 2018 saya membuka donasi buku bacaan dengan tajuk Buku untuk Saumlaki. Perlahan tapi pasti beberapa donatur sudah menyalurkan bantuan dalam bentuk uang dan buku. Meskipun masih sedikit, saya merasa bersyukur karena dengan demikian saya bisa membantu siswa-siswi MI Al-Azhar Saumlaki membuka akses terhadap ilmu pengetahuan. Dengan demikian mereka akan semakin rajin dan termotivasi untuk belajar, mencari tahu ilmu-ilmu pengetahuan baru dari sumber belajar utama, buku.

 

*Kontributor : Dwi Wahyu Alfajar (Kawan SLI 2 Penempatan Kab. Maluku Tenggara Barat)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044