Menggapai Impian

Cara Kita Menggapai Impian

Melompat lebih tinggi adalah bagian dari upaya untuk meraih apa yang kita inginkan. 

Mari, bagi yang sudah melompat, namun belum juga bisa meraih apa yang menjadi impiannya, jangan pernah menyerah, tetaplah melompat dan lompatlah lebih tinggi. 

Belajar dari Belalang

Untuk menumbuhkan semangat dan inspirasi, saya ada sebuah cerita tentang seekor belalang  yang  telah lama terkurung di dalam sebuah kotak.  Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak tersebut.  Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya.

Diperjalanan, ia bertemu dengan seekor belalang lain, namun ia keheranan, mengapa belalang itu bisa melompat labih tinggi dan lebih jauh darinya. Dengan penasaran ia mengahampiri belalang itu dan bertanya:” mengapa kamu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh, padahal kita tidak jauh berbeda dari usia ataupun bentuk tubuh? “

Dengan tersenyum belalang lain itu pun menjawabnya dengan pertanyaan lain: ” dimanakah kamu selama ini tinggal? karena semua belalang yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan. ”   Akhirnya belalang baru sadar bahwa selama dirinya terkurung di dalam kotak, dan  kotak itulah yang membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.

Kadang-kadang kita sebagai manusia tanpa sadar pernah juga mengalami hal yang sama dengan si belalang.

Lingkungan yang buruk, hinaan, trauma masa lalu, kegagalan, dan perkataan atau pendapat teman, seolah membuat kita terkurung dalam kotak semu yang membatasi semua kelebihan kita.   Tidak ada cara lain, agar kita bisa melewati apa yang selama ini menjadi target impian kita kecuali ‘melompat lebih tinggi dan lebih jauh’  dan singkirkanlah ‘kotak’ itu.

Kontributor : Munzir (Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia) 

Kita masih sangat beruntung,  dibekali kemampuan untuk berjuang, tidak hanya menyerah begitu saja pada apa yang kita alami. Dengan segala kelebihan yang kita miliki, dengan segala akal dan pikiran yang kita punya. Karena itu, teruslah berusaha mencapai apa yang ingin kamu capai.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044