Bintang Prestasi Pembawa Perubahan

Dalam setiap proses pembelajaran, guru tentu mengharapkan kondisi kelas yang ideal dan kondusif. Baik dari segi lingkungan, maupun dari segi siswanya sendiri. Dari segi lingkungan, kelas dapat teratur dan tidak gaduh. Sedangkan dari segi siswa, mereka mampu mengikuti pelajaran secara aktif namun penuh perhatian. Dengan kondisi yang kondusif dan ideal diharapkan mampu menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengantarkan pada hasil evaluasi yang baik.

Hal seperti ini jugalah yang diinginkan oleh para guru di MI As ‘Adiyah Filial, salah satu sekolah dampingan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Meskipun berstatus sekolah filial atau sekolah jauh, namun para guru juga menghendaki kondisi kelasnya yang kondusif dan ideal. Terlebih lagi ada guru yang mengajar dua jenjang sekaligus dalam satu ruangan. Pada kenyataannya membentuk kelas yang kondusif butuh perjuangan dan tantangan. Terutama dalam membentuk perilaku anak yang aktif namun fokus dalam proses pembelajaran.

Dalam hal ini, guru sebagai ‘sutradara’ di dalam kelas dituntut untuk inovatif dan kreatif agar kelas menjadi lebih kondusif dan pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan harapan. Salah satu yang dilakukan oleh Ibu Asifa dan Ibu Mufiha guru-guru di MI As ‘Adiyah filial untuk menciptakan kelas yang kondusif adalah dengan adanya program ‘Bintang Prestasi’. Bintang Prestasi merupakan sebuah reward yang diberikan setiap harinya kepada siswa yang paling menaati peraturan; paling aktif; paling ada peningkatan; dan indikator lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelas (misalnya kelas 2 yang paling cepat menulis, kelas 3 dan 4 yang tidak saling mengganggu kelas lain karena berada dalam satu ruangan)

Setiap harinya guru akan menyampaikan siapa yang mendapat bintang kelas pada akhir pelajaran, kemudian guru menyampaikan alasan dan menempelkan stiker bintang pada papan yang telah tersedia. Setelah satu minggu pelajaran berjalan, guru mengakumulasi siswa yang berhak mendapat bintang mingguan (dinilai dari banyaknya bintang yang didapat dalam setiap minggu).

Dengan adanya bintang kelas, sedikit demi sedikit, perlahan tapi pasti para siswa menunjukan perubahan positif. Anak-anak cenderung akan berkompetisi agar dapat mendapatkan bintang kelas, mereka akan meminimalisasi berbuat kesalahan dan lebih kooperatif dalam proses pembelajaran. Bahkan menurut Ibu Mufliha, wali kelas 3 dan  4, dengan adanya bintang prestasi sangat membantu dalam merubah sikap anak. Terlebih lagi kondisi beliau adalah mengajar dua jenjang di dalam satu ruangan sekaligus, sehingga kerjasama antara guru dan murid sangat dibutuhkan. Beliau mengatakan dengan adanya bintang kelas beberapa murid sangat termotivasi bahkan sikapnya berubah jauh menjadi lebih patuh dan rajin. Dengan demikian kondisi kelas relatif lebih kondusif baik dari segi lingkungan yang tidak terlalu gaduh, ataupun murid-muridnya yang lebih menghargai proses pembelajaran.

Pemberian reward kepada siswa berprestasi kelas 3 & 4 pada bulan Agustus.

 

Hal yang tidak kalah penting dalam upaya konsistensi kondisi siswa yang ideal adalah reward atas apa yang telah diusahakan oleh siswa. Maksudnya adalah, anak-anak yang berhasil mempertahankan prestasinya dengan simbol bintang perlu untuk diberikan reward agar anak merasa diakui usahanya. Selain itu, menjadi motivasi kepada teman-temannya, bahwasanya anak-anak yang berusaha menjadi lebih baik pada akhirnya akan mendapatkan penghargaan.

Papan bintang prestasi kelas.

 

Bintang prestasi merupakan salahsatu inovasi yang patut untuk dipertahankan. Dimana kehadirannya mampu membawa perubahan positif. Masih banyak inovasi yang dapat dilakukan para guru hebat untuk merancang agar proses pembelajaran menjadi lebih kondusif dan bermakna. (DetaWy)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044