sek0h

Asyik! Siswaku Gemar Membaca! (1)

Oleh : Jamilah

Kinerja seorang guru menuntut anak agar mampu membaca dan gemar membaca. Seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup besar terhadap peserta didiknya. Ia harus mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswanya saat berdiri di depan kelas untuk mengajar. Hal ini penting agar materi yang disampaikan mudah dipahami dan dicerna oleh para siswa. Berbagai program dan rencana yang diciptakan untuk menarik perhatian anak seperti mendorong anak agar gemar membaca. Guru harus bisa membaca sikap dan watak setiap anak didiknya sebelum seorang siswa menerima pengajaran.

Menentukan suasana belajar menjadi hidup atau atau interaktif antara siswa dan guru sangatlah penting. Guru yang kreatif adalah guru yang menciptakan cara belajar yang mudah dipahami siswa. Memberi buku untuk dibaca yang disertai dengan gambar-gambar yang lucu sehingga timbul suatu minat untuk membaca. Buku yang bergambar atraktif tentu lebih merangsang anak untuk membaca dibanding buku yang hanya menampilkan tulisan semata, walaupun isi dari cerita itu sendiri sangat bagus. Selain itu kita bisa mengambil peran kita selaku guru untuk terus memotivasi anak agar mencintai buku. Memotivasi anak untuk dekat dengan buku tentunya akan lebih baik jika guru tersebut juga memiliki minat yang sangat tinggi pada buku. Guru dianjurkan untuk menjadi tokoh yang provokatif bagi anak agar mau menjadikan buku sebagai alat bagi siswa melanglang buana.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa anak memiliki daya tangkap yang cepat dibanding orang dewasa sehingga jika guru mampu mengoptimalkan potensi anak di usia produktifnya maka dia akan mampu memiliki daya ingat yang kuat dari apa yang dia baca. Disini guru juga bisa mengguunakan aneka trik agar anak lebih mudah memahami bacaannya, misal dengan memvisualisasikan bacaan dengan gerak dan mimik.

DOMPET DHUAFA PENDIDIKAN melalui penempatan seorang fasilitator mencoba memfasilitasi sekolah kami dengan sebuah program bertajuk “CERUK ILMU”. Sebuah lemari dengan warna atraktif disimpan dipojok kelas dengan tulisan Ceruk Ilmu yang mencolok, ketika lemari itu dibuka kita bisa menjumpai aneka buku disana. Dalam lemari itu kita bisa menjumpai aneka buku fiksi dan nonfiksi dengan aneka gambar yang mencolok. Bantuan buku dari DOMPET DHUAFA PENDIDIKAN diharapkan memacu kreatifitas guru untuk mampu menciptakan metode-metode ampuh untuk menjembatani anak dengan buku, sehingga timbul kecintaan akan buku.

Ada perasaan senang yang tidak bisa ditampik demi melihat bagaimana siswa antusias dalam memilah-milah buku yang akan mereka baca. Buku-buku yang edukatif itu diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami sesuatu. Saat seperti itulah saya selaku guru atau bisa jadi guru lainnya tidak bisa menutupi rasa senang dan berujar “Asyik, siswaku gemar membaca!”

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044