20 Teman Si MoBa Siap Menyebarkan Virus Cinta Literasi

20 Teman Si MoBa Siap Menyebarkan Virus Cinta Literasi

 

 

Sebanyak dua puluh relawan Teman Si MoBa telah terpilih Mereka akan membersamai Si MoBa selama berkeliling ke berbagai titik yang telah ditentukan di Bogor, Jakarta, Tangsel, Bandung, Sukabumi, sampai Cirebon. Relawan Teman Si MoBa adalah SDM yang direkrut secara khusus untuk melakukan aktivitas program Si MoBa di wilayah yang menjadi target program Si MoBa. Relawan Si MoBa merupakan masyarakat umum, penerima manfaat program Dompet Dhuafa Pendidikan, pegiat literasi, profesional, dan mereka yang tertarik mengadakan aktivitas Si MoBa di Wilayahnya mereka adalah para profesional muda, ibu rumah tangga, pegiat literasi, mahasiswa, guru, dan aktivis literasi. Saat ini Teman Si MoBa sedang melakukan simulasi di SDN 02 dan 03 Parung, Bogor, Jawa Barat; agar ketika turun lapangan bisa bertugas dengan baik. Teman Si MoBa memboyong serangkaian aktivitas seru seperti membaca bersama, mewarnai, membaca lantang, mendongeng, bermain permainan edukasi.

 

 

Si MoBa akan menjangkau masyarakat di titik yang berdekatan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan sekolah pendampingan perpustakaan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan, sehingga manfaat program bisa berdampak berkesinambungan. Program ini diharapkan menjadi alternatif upaya dan solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat.

“Ada tiga poin penting hadirnya Si MoBa di tengah-tengah masyarakat antara lain kami ingin memperkenalkan program Si MoBa sebagai sarana pendidikan menyenangkan, sebagai wahana edukasi serta rekreasi berbasis literasi, dan sebagai wahana belajar untuk meningkatkan kemampuan diri dan minat baca masyarakat,” terang Muhammad Iqbal, Punggawa Si MoBa.


Hadirnya Si MoBa bisa menjadi alternatif peningkatan kualitas literasi di Indonesia. Si MoBa menawarkan pelayanan yang berbeda dengan perpustakaan keliling pada umumnya; karena selain memberikan akses menikmati buku berkualitas, masyarakat juga diajak berdaya melalui ragam pelatihan peningkatan kemampuan diri .

 

Iqbal mengungkapkan jika Si MoBa bukan sekadar perpustakaan keliling semata, melainkan pengimplementasian sisi lain literasi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari melalui program pemberdayaan dan sarana penyembuhan trauma (trauma healing) atas masalah apapun yang sedang dihadapi masyarakat. “Ranah literasi sangatlah luas, sayang rasanya jika masyarakat hanya dicekoki bacaan tanpa adanya implementasi dari apa yang mereka baca. Kehadiran Si MoBa diharapkan menjadi angin segar agar masyarakat Indonesia tak hanya melek literasi namun juga berdaya bagi orang lain,” tukasnya.

Yuk kita dukung dan doakan supaya Teman Si MoBa bisa bertugas dengan baik dan mampu menebar kebermanfaatan lebih luas di masyarakat bersama Si MoBa .

Penasaran dong sama kegiatan Si MoBa lainnya? Tunggu kabar menarik lain dari Si MoBa di daerah selanjutnya ya. Si MoBa…Aku Datang, Aku Buka, Ayo Bacaaaaa!

Komentar

komentar